Segala Sesuatu Yang Berhubungan Dengan Jo In Sung

Saat ini bahkan sudah dari sepuluh tahun terakhir sebagian besar masyarakat Indonesia terkena demam Korea, dalam hal ini Korea Selatan.

Mereka terutama kawula mudanya, para ABG (Anak Baru Gede) yang puteri begitu menyenangi segala hal yang ada kaitannya dengan Korea, mulai dari musiknya, drama serial televisinya, fashionnya sampai dengan makanannya.

Boy band, girl band, aktor dan aktris Korea yang bermain di sejumlah drama serial televisi begitu digandrungi oleh anak-anak muda Indonesia (sebagian besar puteri).

Mereka senang akan lagu-lagunya yang easy listening, mereka juga menyukai ketampanan, kecantikan dan kehandalan aktingnya, segalanya tampak sempurna bagi mereka.

Salah satu dari sekian selebritis Korea Selatan yang hingga sekarang masih terkenal dan sangat disukai oleh sebagian besar penggemar hal-hal berbau Korea adalah Jo In Sung.

Segala sesuatu yang berhubungan dengan Jo In Sung akan diulas di pembahasan berikut ini.

Tentang Jo In Sung

Jo In Sung adalah aktor lawas kelahiran negara ginseng, Korea Selatan, lahirnya di ibu kota Seoul di distrik Gangdong, 37 tahun yang lalu, tepatnya di tanggal 28 Juli 1981.

Jo In Sung tidak hanya populer sekali di negaranya melainkan juga di negara-negara yang lain tidak terkecuali Indonesia dan mempunyai begitu banyak penggemar sejak terjun ke dunia entertainment dan membintangi sejumlah drama serial televisi serta film yang sukses.

Jo In Sung memegang pemeran utama di beberapa drama serial televisi, antara lain What Happened In Bali pada tahun 2004, That Winter dan The Wind Blows yang diproduksi pada tahun 2013 serta It’s Okay dan That’s Love yang dibintanginya di tahun 2014.

Tidak hanya di drama serial televisi, Jo In Sung juga ambil bagian di beberapa film, di antaranya tahun 2003 membintangi film berjudul The Classic, A Kotor Karnaval di tahun 2006, A Frozen Flower pada tahun 2008 dan terakhir setahun yang lalu, di tahun 2017, Jo In Sung berperan di film berjudul The King.

Jo In Sung memiliki nama panggilan lain, yakni Zo In-sung.

Jo In Sung pernah kuliah di Universitas Dongguk, mengambil jurusan teater dan film namun belum sampai selesai sudah dikeluarkan karena jumlah absensinya tidak memenuhi kuota atau kriteria yang ditetapkan oleh pihak universitas.

Selain di Universitas Dongguk, Jo In Sung juga menempuh pendidikan di Chunnam Techno University, belajar segala sesuatu tentang dunia permodelan dan manajemen acara.

Jo In Sung mulai aktif di dunia artis Korea Selatan sejak tahun 1998 hingga sekarang.

Agen yang menaunginya sampai saat ini ialah IOK Company.

Tentang Karier Jo In Sung

Karier Jo In Sung di dunia keartisan Korea Selatan mulai dirintisnya dari tahun 1998.

Sebelum berpindah jalur ke dunia artis, Jo In Sung memiliki profesi sebagai pemain bisbol.

Pertama kali Jo In Sung terjun ke dunia hiburan diawali dengan menjadi seorang model pakaian dengan merk Ziozia.

Debutnya di dunia akting dimulai pada tahun 1999 lewat sitkom berjudul Jump, produksi dari MBC.

Satu tahun berikutnya, yakni di tahun 2000 Jo In Sung membintangi satu drama remaja dengan judul School 3 dan satu sitkom berjudul Nonstop (Jo In Sung baru bergabung di season keduanya).

Di drama televisi berjudul Piano yang rilis pada tahun 2001, Jo In Sung baru berlakon sebagai pemeran pendukung, dua pemeran utamanya waktu itu adalah Go Soo dan Kim Ha-neul, baru setelah di Shoot For The Stars Jo In Sung berperan sebagai leading actornya, yang dia bintangi di tahun 2001 juga, dengan lawan main Jeon Do-yeon.

Pada tahun yang sama, Jo In Sung mulai bermain di film pertamanya yang berjudul Public Toilet.

Di tahun yang sama juga Jo In Sung menjadi bintang video musik dari band ternama di saat itu, yaitu g.o.o.d., yang menjadi sutradaranya ialah aktor Jung Woo-sung, pengelolaannya oleh SidusHQ.

Tiga film bergenre romantis berhasil diperankan oleh Jo In Sung di tahun 2003, salah satunya yang berhasil menarik perhatian dan minat kalangan pecinta film romantis adalah The Classic, yang ia bintangi bersama Cho Seung-woo dan Son Ye-jin.

Bersama So Ji-sub dan Ha Ji-won, Jo In Sung kembali bermain di drama televisi dengan judul What Happened In Bali di tahun 2004.

Di What Happened In Bali Jo In Sung ikut mendulang kesuksesan seiring dengan suksesnya drama serial televisi tersebut.

Jo In Sung membintangi drama serial televisi lagi dengan judul Spring day di tahun 2005.

Drama tersebut dibuat ulang berdasarkan drama dari negara Jepang berjudul Hoshi no Kinka.

Pada tahun 2006 Jo In Sung kembali bermain film dengan judul A Kotor carnival, di bawah arahan sutradara terkenal Yoo Ha.

Dua tahun setelahnya, yakni di tahun 2008 Jo In Sung berperan dalam film berjudul A Frozen Flower.

Keikutsertaan Jo In Sung Dalam Wajib Militer

Antara tahun 2009 sampai dengan tahun 2012 Jo In Sung rehat sebentar dari dunia keartisannya dikarenakan disibukkan dengan kegiatan militernya.

Sebagai seorang warga negara yang baik bagaimanapun juga Jo In Sung harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh negaranya, harus mengikuti wajib militer.

Wajib militer diikuti oleh Jo In Sung selama dua tahun dengan bergabung di Angkatan Udara Korea Selatan, tempat di mana ayahnya pernah mengabdi sebagai perwira non komisi.

Selama kurang lebih dua tahun lebih sedikit, tepatnya 25 bulan Jo In Sung menggabungkan dirinya tidak hanya di Angkatan Udaranya melainkan juga di band militer Angkatan Udaranya.

Barulah di tanggal 4 Mei 2011 Jo In Sung dinyatakan tidak bergabung lagi, lebih tepatnya Angkatan Udara Korea Selatan memberhentikannya.

Come Back Ke Dunia Keartisan

Setelah menyelesaikan kewajiban militernya, Jo In Sung kembali ke dunia keartisannya namun kali ini tidak bergabung lagi di agensi bakat SidusHQ, sudah pindah ke agensi lain bernama IOK Company di bulan Maret 2012.

Kembali ke dunia akting yang membesarkannya, Jo In Sung memutuskan untuk come back di tahun 2013 yang ditandai dengan kemunculannya di melodrama, di drama serial televisi yang berjudul That Winter, The Wind Blows di mana dia bermain bersama aktris terkenal, Song Hye-kyo.

Drama serial televisi yang dibintanginya bersama Song Hye-kyo tersebut merupakan hasil remake dari drama buatan negara Jepang dengan judul Ai Nante Irane Yo.

Permainan akting yang memukau dari Jo In Sung dan Song Hye-kyu dalam drama serial televisi itu berhasil membuat keduanya dipuji banyak kalangan.

Di tahun 2014 Jo In Sung membintangi drama medis yang berjudul It’s Okay, That’s Love, bermain bersama Gong Hyu-jin, produksi dari SBS.

Di bawah arahan sutradara kenamaan sekaligus direktur dari The Face Reader, yakni Han Jae-rim, Jo In Sung bermain bersama lawan mainnya Jung Woo-sung bermain film dengan judul The King, sebuah fim thriller kejahatan.

Terakhir adalah The Great Battle, nama dari film paling baru, sebuah film historis, yang dirilis di tahun ini, tahun 2018, yang dibintangi oleh Jo In Sung.

Beberapa Prestasi Yang Diraih Oleh Jo In Sung

Kehandalannya berakting dalam sejumlah drama serial televisi dan film membuat Jo In Sung diganjar oleh berbagai macam penghargaan.

Jadi semata-mata Jo In Sung tidak hanya mengandalkan wajahnya yang rupawan melainkan juga kehebatannya memainkan banyak lakon.

Penghargaan pertama yang diraih oleh Jo In Sung setelah dia bergelut di dunia akting adalah meraih penghargaan sebagai aktor terbaik di dalam dua ajang penghargaan sekaligus, yakni di SBS Drama Awards dan di Baeksang Arts Awards.

Di tahun 2000 Jo In Sung menerima penghargaan untuk kategori aktor muda terbaik di dalam ajang penghargaan bernama KBS Drama Awards.

Setahun setelah itu, yakni di tahun 2001 MBC Entertainment Awards memasukkan Jo In Sung sebagai nominator untuk aktor komedi atau sitkom, masuk dalam daftar aktor yang diunggulkan.

Pada tahun yang sama (2001), di dalam ajang Penghargaan Drama SBS, Jo In Sung berhasil memenangkan penghargaan bintang baru.

Ajang penghargaan bernama Baeksang Arts Awards memberikan penghargaan kepada Jo In Sung berupa aktor baru terbaik di dunia pertelevisian pada tahun 2001.

Kemudian di tahun berikutnya, yakni di tahun 2002 Jo In Sung menerima penghargaan berupa Excellent Award untuk kategori aktor dalam drama perencanaan khusus di dalam ajang Penghargaan Drama SBS.

Ajang Penghargaan Drama SBS tersebut juga memberikan dua penghargaan lagi kepada Jo In Sung, yaitu kategori penghargaan popularitas netizen serta kategori sepuluh bintang teratas.

Dua tahun kemudian, yakni di tahun 2004 ajang penghargaan bergengsi Baeksang Arts Awards memberikannya gelar sebagai aktor terbaik versi dunia televisi.

Di tahun 2004 juga Jo In Sung memperoleh berbagai macam penghargaan di dalam ajang Penghargaan Drama SBS sebagai aktor dalam drama perencanaan khusus, mendapatkan Excellence Awards, kemudian sebagai aktor top excellence serta satu lagi masuk dalam kategori sepuluh bintang paling atas.

Di tahun 2005 di dalam dua ajang bergengsi, yakni di Penghargaan Baeksang Arts ke-41 Jo In Sung menerima penghargaan sebagai aktor paling populer versi televisi.

Selanjutnya di ajang penghargaan yang satunya lagi, yaitu Penghargaan Drama SBS Jo In Sung mendapatkan tiga kategori penghargaan, yakni penghargaan untuk top excellence actor,  excellence awards sebagai aktor dalam drama perencanaan khusus serta satu lagi penghargaan popularitas netizen.

Di tahun 2006 Jo In Sung mendapatkan empat penghargaan, masing-masing sebagai aktor terbaik di dalam ajang penghargaan Premier Rising Star Awards kemudian sebagai aktor terbaru terbaik di ajang Festival Film Pyeongtaek kedua, selanjutnya di dalam ajang Penghargaan Blue Dragon Film Ke-27 dan di ajang Penghargaan Film Korea Ke-5 Jo In Sung mendapatkan prestasi sebagai aktor terbaik.

Untuk tahun 2007, penghargaan yang diterima oleh Jo In Sung juga banyak sekali, yakni sebagai aktor terbaik di dalam 27th Blue Dragon Film Awards dan di 5th Korean Film Awards kemudian di dalam ajang 4th max Movie Awards dan di 43rd Baeksang Arts Awards Jo In Sung memenangkan gelar sebagai aktor terbaik untuk film.

Masih di tahun yang sama, di tahun 2007 Jo In Sung mendapatkan penghargaan sebagai aktor paling menjanjikan di dalam ajang 45th Motion Pictures Day.

Mendapatkan gelar sebagai aktor terbaik di ajang penghargaan 44th Grand Bell Awards, juga di tahun 2007.

Berikutnya masih di tahun 2007, Jo In Sung memperoleh dua penghargaan sekaligus, yakni sebagai bintang paling fotogenik dan bintang CF paling baik di dalam ajang Mnet 20’s Choice Awards.

Di dalam ajang Festival Film Internasional Busan yang ke-12 Jo In Sung memenangi predikat star summit Asia curtain – call.

Penghargaan yang didapatkan oleh Jo In Sung lainnya lagi di tahun 2007 adalah pilihan netizen untuk model pria terbaik di dalam ajang Festival Periklanan Korea yang pertama.

Di tahun 2011 Jo In Sung mendapatkan penghargaan berupa kutipan kehormatan dari Kepala Staf Angkatan Udara Republik Korea Selatan.

Asosiasi Pengiklan Korea mengganjarnya dengan memberikan penghargaan berupa model terbaik, juga di tahun 2011.

Satu tahun sesudahnya, yakni di tahun 2012 Jo In Sung juga mengoleksi beberapa penghargaan, di antaranya di dalam Hari Tabungan yang ke-49 Jo In Sung mendapatkan penghargaan dari kepresidenan.

Kemudian setahun setelah itu, di tahun 2013 di dalam ajang Mnet 20’s Choice Awards Jo In Sung menerima penghargaan sebagai 20’s Drama Star – Male.

Penghargaan Drama Internasional Seoul di tahun yang sama, di tahun 2013 memberikannya gelar sebagai aktor Korea yang luar biasa.

Penghargaan Bintang APAN yang kedua mengganjarnya sebagai Top Excellence Actor.

Penghargaan Drama SBS di tahun 2013 memberikan beberapa penghargaan kepada Jo In Sung, yaitu penghargaan khusus SBS, Top Excellence Actor dalam mini serial dan berhasil masuk dalam kategori sepuluh bintang teratas.

Pada tahun 2014 Jo In Sung memenangkan penghargaan hadiah utama, istilahnya Daesang, mendapatkan kehormatan paling tinggi di dunia pertelevisian dalam ajang penghargaan bernama APAN Star Awards yang ketiga.

Lalu masih di tahun 2014 Penghargaan Drama yang ke-22 memberikannya tiga macam penghargaan, yakni Top Excellence Actor dalam mini serial, sepuluh bintang teratas dan satu lagi bersama aktris Gong Hyo-jin mendapatkan penghargaan sebagai pasangan terbaik.

Pada tahun 2015 Penghargaan Seni Baeksang yang ke-51 memberikan penghargaan kepada Jo In Sung berupa aktor terbaik.

Di tahun yang sama pula Jo In Sung mendapatkan penghargaan dari kepresidenan di Hari Pembayar Pajak yang ke-50.

Satu tahun tahun berikutnya, yaitu di tahun 2016, bersama aktor Korea Selatan terkenal lainnya yang bernama Choi Ji-woo, Jo In Sung berhasil terpilih sebagai duta besar dari National Tax Service.

Kemudian di tahun ini juga bersama aktris terkenal Go Hyun-jung memperoleh penghargaan ciuman terbaik di dalam ajang Penghargaan tvN10.

Penghargaan Grand Bell yang ke-54 di tahun berikutnya, yakni di tahun 2017 memberikan kepada Jo In Sung predikat aktor terbaik.

Penghargaan Fashionista yang ketiga memberikan Jo In Sung penghargaan best fashionista divisi TV dan film di tahun 2017.

Masih di tahun 2017, Jo In Sung memperoleh penghargaan yang kesekian kalinya, kali ini sebagai bintang populer dan aktor terbaik di dalam ajang bergengsi Penghargaan Blue Dragon Film yang ke-38.

Demikian sejumlah penghargaan yang berhasil diterima oleh Jo In Sung di sepanjang perjalanan kariernya di dunia akting.

Kategori Seleb

Tinggalkan komentar