Teliti Memilih Cream Pemutih Wajah yang Bagus

cream pemutih wajah

Beberapa tahun belakangan, banyak orang yang berpikir bahwa penggunaan kosmetik hanya diperuntukkan bagi kaum hawa saja.

Seiring dengan berkembangnya teknologi di bidang kosmetik dan perawatan kulit serta wajah, kosmetik bukanlah hal yang luar biasa.

Kosmetik bisa digunakan oleh pria dan wanita yang telah cukup umur untuk menggunakannya.

Kini, kosmetik merupakan perawatan kulit sehari-hari yang biasa digunakan hampir diseluruh penjuru dunia.

Tentunya setiap orang menginginkan yang terbaik untuk tubuhnya.

Tak heran semakin banyak jenis kosmetik yang dijual dipasaran.

Tak sedikit pula yang mendapatkan kosmetik yang langsung diracik oleh dokter yang telah ahli dibidangnya.

Salah satu jenis kosmetik yang sudah lama beredar dipasaran dan sangat digandrungi oleh masyarakat adalah cream pemutih wajah.

Pastinya kamu sudah pernah mendengar hal ini, kan?

Menjadi Cantik Merupakan Idaman Semua Wanita

cream pemutih wajah zivagold

Perempuan mana yang tidak ingin memiliki wajah cantik, sehat, mulus, dan berseri?

Tentu tidak ada, kan?

Sejak dulu, wanita selalu ingin tampil cantik dan diakui kecantikannya. Di masa dulu, sebut saja Cleopatra yang merupakan Ratu Mesir.

Beliau merupakan simbil kecantikan sempurna, dari ujung kaki hingga rambut. Apa yang menyebabkan dia disebut sebagai wanita sempurna?

Sebab Cleopatra memiliki wajah cantik berseri, rambut hitam lurus, kulit halus lembut, sekaligus bentuk tubuh yang aduhai.

Cleopatra berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan kecantikannya menggunakan perawatan yang dilakukan wanita di masa tersebut.

Perawatan yang mereka lakukan merupakan warisan leluhur yang hingga kini banyak ditiru dan dipelajari oleh banyak orang.

Sebenarnya defenisi cantik berbeda setiap orang. Kita tidak bisa memberikan patokan kalau ‘dia’ cantik, dia tidak.

Cantik itu relatif. Persepsi setiap orang akan kecantikan berbeda satu sama lain.

Terlepas dari persepsi setiap orang, atau bahkan perbedaan persepsi cantik di masing-masing negara, yang pasti siapapun yang memiliki wajah bersih, halus, tidak berjerawat, tidak bruntusan, ataupun berbagai masalah wajah lainnya.

Sebenarnya untuk mendapatkan kulit seperti itu tidaklah sulit. Siapa saja bisa mendapatkan kulit idaman wanita tersebut. Fokus utamanya adalah pahami terlebih dahulu jenis wajah yang kamu miliki.

Jenis-jenis Kulit Wajah

Ada beberapa jenis kulit wajah.

Setiap jenis kulit wajah membutuhkan perawatan berbeda.

Untuk itu, agar kamu memahami cara merawat wajahmu dengan baik, pastikan kamu telah paham apa sebenarnya jenis kulit yang kamu miliki.

Kulit Normal

Seseorang yang memiliki jenis kulit normal biasanya memiliki kadar air dan minyak pada wajah yang seimbang, sehingga kelembapan wajah pun terjaga. Jenis kulit ini merupakan jenis kulit paling ideal, sebab pori-pori pada wajah akan terlihat normal sehingga kulit menjadi lebih halus dan lembut ketika disentuh.

Kulit Kering

Orang yang memiliki jenis kulit kering biasanya di dalam tubuhnya kadar air sangat sedikit. Hal itu juga menyebabkan pori-pori wajah menjadi kecil. Kulit kusam, keriput, kasar, dan layu. Orang yang memiliki kulit kering biasanya terlihat lebih tua dibanding usianya. Ciri lain orang berwajah kering adalah wajah terlihat bersisik dan terasa gatal.

Kulit Berminyak

Yang menyebabkan kulit berminyak adalah produksi minyak pada tubuh ataupun wajah yang sangat aktif. Akibatnya tekstur wajah menjadi kasar dan memiliki pori-pori berukuran besar. Seseorang yang memiliki kulit berminyak biasanya mudah mendapatkan masalah pada wajah, yakni berupa jerawat, bruntusan, ataupun komedo. Apalagi bila wajah sering terkena paparan sinar matahari. Masalah pada wajah akan semakin tidak terkendali.

Kulit Kombinasi

Tanda kulit kombinasi adalah pada area T yakni kening, hidung dan dagu, terdapat minyak berlebih, sedangkan bagian pipi dan leher lebih kering.

Kulit Sensitif

Kulit sensitif merupakan jenis kulit yang sudah perawatannya. Mengapa? Sebab jenis kulit ini sangat mudah terkena masalah. Jika kamu memiliki kulit sensetif, kamu harus mengatasinya dengan segera. Cari tahu apa yang menyebabkan kulitmu menjadi sensitive dan cara penangannya dengan benar. Kamu bisa berkonsultasi dan berobat pada ahlinya.

Terjadinya Hiperpigmentasi

Pemutih wajah merupakan salah satu rangkaian perawatan yang sangat disukai oleh perempuan Asia, khususnya Indonesia.

Pemutih wajah pada kosmetik disebut juga dengan whitening.

Mengapa banyak perempuan Indonesa yang ingin melakukan perawatan memutihkan wajah?

Sebab di Indonesia, kebanyakan penduduknya memiliki kulit pigmen berlebih dibanding penduduk Amerika dan Eropa.

Warna kulit seseorang itu dipengaruhi oleh pigmen yang juga disebut melanin.

Melanin seseorang ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, yakni faktor genetik, hormon, ras, paparan sinar matahari pada tubuh, dan masih banyak lainnya.

Pigmen pada tubuh kita memiliki fungsi luar biasa, yakni melindungi kulit dari pengaruh buruk yang diberikan sinar matahari.

Orang yang memiliki kulit putih biasanya memiliki pigmen lebih rendah sehingga tubuh mereka tidak mampu menerima banyaknya paparan sinar matahari, dan bisa menyebabkan timbulnya kerusakan tekstur kulit.

Parahnya warna kulit juga bisa menjadi tidak rata. Ada bagian tubuh yang putih, ada juga yang gelap.

Penyebanya karena melanin yang dimiliki tidak tersebar secara merata.

Nah, bagi mereka yang pigmennya tidak merata sehingga warna kulit juga tidak rata, dibutuhkan pemutih.

Tujuannya agar warna kulit merata.

Selain itu, pemutih kulit juga bisa menjadikan warna kulit lebih segar dan terlihat segar.

Banyak kita jumpai orang-orang yang memiliki warna kulit wajah berbeda dengan bagian tubuh lainnya.

Perubahan warna kulit ini biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari dalam waktu lama dan terus berulang.

Di sinilah produk pemutih kulit wajah dibutuhkan.

Berikut beberapa penyebab lainnya sehingga terjadi perubahan warna kulit wajah.

  • Bruntusan dan jerawat. Ketika bruntusan dan jerawat dipecahkan, akan menyebabkan bekas luka. Kemudian, bila wajah dengan kondisi ini terlalu sering berada di bawah paparan sinar matahari, tak menutup kemungkinan warna kulit wajah menjadi berubah.
  • Terjadinya peradangan kulit yang dikarenakan adanya kontak langsung dengan bahan-bahan tertentu yang dapat menyebabkan terjadinya hiperpigmentasi. Misal dengan parfum, ataupun produk kosmetik lainnya.
  • Luka bakar dan luka lainnya pada wajah yang menyebabkan warna wajah menjadi gelap.
  • Paparan langsung sinar matahari, sedangkan wajah tidak mendapatkan perlindungan tabir surya. Semakin sering hal ini terjadi, akan semakin cepat warna wajah berubah.
  • Kehamilan dan alat kontrasepsi juga bisa menyebabkan warna kulit wajah lebih gelap dan tidak bercahaya.
  • Cream pemutih wajah yang bagus menjadi pilihan adalah cream pemutih yang mampu mengatasi kelebihan pigmen pada daerah tertentu.
  • Cream pemutih hanya perlu digunakan pada bagian wajah yang bermasalah.

Di pasaran, ada banyak jenis pemutih wajah, namun pemutih wajah yang banyak dijual merupakan cream pencerah wajah yang harus digunakan pada seluruh area kulit yang kamu inginkan agar terlihat lebih cerah.

Mengatasi Kulit Wajah Hiperpigmentasi

Banyak perempuan Indonesia yang kini mengalami masalah hiperpigmentasi.

Pertanyaannya adalah, bagaimana mengatasi masalah ini?

Hiperpigmantasi dapat diatasi dengan cream pemutih wajah yang mampu menuntaskan kelebihan pigmen yang muncul pada daerah-daerah tertentu.

Jadi, cream pemutih ini hanya diaplikasikan pada daerah yang bermasalah, sebab pada dasarnya tidak ada gunanya menggunakan cream pemutih pada daerah yang tidak mengalami masalah.

Di pasaran ada banyak cream pemutih wajah yang dijual secara bebas.

Cream pemutih tersebut sebenarnya termasuk dalam kategori produk pencerah kulit wajah yang harus digunakan pada area kulit yang dinginkan supaya lebih cerah.

Kandungan Cream Pemutih Wajah

Banyak diantara kita yang memutuskan untuk memilih cream pemutih yang bagus, namun tidak tahu apa sebenarnya kandungan di dalam cream pemutih tersebut.

Asam Alfa Hidroksi dan Asam Retinoat

Kedua jenis asam ini biasanya merupakan unsur utama yang terdapat di dalam cream pemutih wajah. Selain itu, kedua unsur ini juga bisa kita temukan dengan mudah dalam bahan kosmetik lainnya. Mengapa kedua unsur ini sangat penting dan selalu ada di dalam kosmetik? Sebab asam alfa hidroksi dan asam retinoat memang sedari awal diformulasikan sebagai obat sekaligus kosmetik yang berfungsi untuk menghambat proses penuaan dini dan terjadinya masalah pada wajah, berupa jerawat, bruntusan, komedo, dan sebagainya.

Asam Kojat

Asam kojat awalnya dikembangkan di Jepang sebagai bahan campuran untuk memutihkan kulit wajah. Asam kojat aman bila diformulasikan sebagai cream pemutih sebab asam kojat didapatkan dari fermentasi jamur. Mekanisme kerja asam kolat tak jauh berbeda dengan hidrokuinon.

Hidrokuinon

Hidrokuinon juga tidak bisa dilepaskan dari yang namanya kandungan di dalam kosmetik.

Selain dalam kosmetik, hidrokuinon juga digunakan secara luas, namun harus mendapatkan resep dokter terlebih dahulu.

Di pasar, hidrokuinon dengan persentasi kecil hingga mencapai kadar 2% bisa didapatkan dengan mudah.

Apa sih tujuan dari kandungan ini?

Hidrokuinon mampu memperlambat produksi berlebihan pigmen pada kulit. Hidrokuinon tidak boleh dianggap sepele.

Di luar negeri, misalnya negara Inggris, kandungan ini tidak dijual secara bebas, bahkan di sana tidak hidrokuinon tidak diizinkan untuk dijadikan bahan campuran pembuatan kosmetik.

Mengapa? Sebab mereka menyadari bahwa hidrokuinon mampu memberikan efek samping yang luar biasa, yakni rasa gatal dan memerah pada kulit jika digunakan dalam konsentrasi tinggi.

Oleh sebab itu, hidrokulin hanya digunakan sebagai obat dengan konsentrasi mencapai 5%.

Untuk perawatan wajah alangkah baiknya kamu menghindari produk yang menggunakan hidrokuinon.

Ekstrak Tanaman

Beberapa ekstrak tanaman juga biasa digunakan sebagai bahan pembuatan cream pemutih wajah. Sebut saja teh hijau, bunga sakura, chamomile recutia, ganoderma, dan sebagainya.

Memutihkan Wajah Secara Alami

Sebenarnya jika kita rajin mencari tahu, ada banyak tanaman yang juga memiliki kandungan sebagai pemutih wajah.

Mengapa harus memutihskan wajah secara alami? Satu, biaya perawatan wajah menggunakan bahan alami tentu jauh lebih murah.

Selain itu, kita tidak perlu takut adanya efek samping sebab bahan alami terbukti aman meskipun hasil yang diinginkan tidak didapatkan dalam waktu singkat. Buah apa saja yang bisa dijadikan sebagai pemutih wajah?

Bengkoang. Buah ini mampu menjadikan kulit wajah lebih putih dan cerah.

Selain itu, bengkoang juga bisa mendinginkan kulit dan terhindar dari kekusaman. Bagaimana caranya?

  • Parut bengkong secukupnya.
  • Jemur hasil parutan hingga kering.
  • Campurkan sedikit air tawar.
  • Oleskan pada wajah secara rutin.

Mentimun juga bisa menjadi pilihan dalam menjadikan kulit lebih putih dan cerah. Caranya adalah:

  • Parut ½ buah mentimun.
  • Campurkan mentimun yang telah diparut dengan 2 sendok susu segar.
  • Oleskan pada wajah beberapa menit.
  • Bilas wajah dengan air.
  • Lakukan hal ini dengan rutin hingga wajah putih dan cerah berhasil didapatkan.

Teliti Memilih Cream Pemutih yang Bagus

Memiliki wajah putih berseri merupakan harapan banyak orang. Untuk mendapatkan wajah putih berseri, dibutuhkan usaha dan kerja keras.

Tentu wajah tidak akan mungkin menjadi putih tanpa adanya kerja keras, kan?

Melakukan perawatan secara rutin adalah jawabannya.

Wajah harus dirawat sebab kini ada banyak penyebab terjadinya masalah pada kulit wajah.

Sebut saja polusi, debu yang bertebaran di mana-mana, makanan tidak sehat, dan lain sebagainya.

Faktor-faktor tersebutlah yang menjadikan kulit kusam, memiliki warna tidak merata, dan lainnya.

Bila berbicara dengan yang namanya perawatan wajah, maka sangat erat kaitannya dengan kosmetik.

Salah satu kosmetik populer dan digemari masyarakat adalah cream pemutih wajah.

Mengapa produk ini menjadi idaman?

Sebab semakin banyak orang yang menginginkan untuk memiliki wajah putih, bersih, dan cerah.

Mendapatkan cream pemutih wajah tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Kita harus pintar-pintar memilih yang sesuai dengan jenis kulit kita.

Salah sedikit saja, kulit wajah bisa mendapatkan efek samping.

Bisa memerah, gatal, dan lainnya.

Alhasil impian memiliki wajah putih, bersih, dan mulus pun hanya menjadi angan semata.

Melakukan perawatan secara maksimal, harapannya agar kulit putih, bersih, dan mulus berhasil didapatkan.

Untuk itu, pilih juga cream pemutih wajah yang bagus dan tidak ketergantungan.

Tak lucu kan bila produk pemutih yang biasa kamu gunakan, ketika kamu malah ‘libur’ menggunakannya sebab hasil yang kamu inginkan telah didapatkan, eh kulit wajah malah kembali seperti semula.

Itu artinya, kulit wajah memberikan hasil bila cream pemutih digunakan terus-menerus.

Oleh sebab itu, telitilah dalam memilih cream pemutih wajah.  

Memilih cream pemutih yang sesuai dengan tipe dan kulit kita, tidaklah boleh semabarangan.

Pastikan kamu telah mengetahui apa yang menjadi kepentingan mendasar dari cream pemutih tersebut.

Cream pemutih wajah terdiri dari dua kepentingan, yakni sebagai obat untuk menghilangkan pigmen berlebih pada daerah kulit wajah tertentu dan sebagai campuran produk kosmetik yang biasanya dikombinasikan dengan bahan lainnya agar kulit lebih cerah berhasil didapatkan.

Pastikan cream pemutih wajah yang kamu pilih memiliki khasiat dalam memutihkan wajah, kandungan di dalamnya terbukti aman dan alami (bebas bahan-bahan berbahaya), tidak menimbulkan efek samping, memiliki izin BPOM, tidak ketergantungan, hasil permanen, dan harganya yang terjangkau.

Selain itu, kamu juga harus melakukan pola hidup sehat, olahraga teratur, memiliki waktu tidur yang cukup, tidak merokok ataupun mengkonsumsi narkoba dan minuman keras, sekaligus mampu

Saat ini sudah banyak jenis cream pemutih wajah yang bagus yang dijual di pasaran, baik secara offline ataupun online.

Pastikan kamu membeli di tempat terpercaya, sebab tidak sedikit pula cream pemutih wajah palsu.

Ada lagi cream pemutih wajah yang dijual secara illegal. Makanya sebagai konsumen yang baik, kita harus memiliki ilmu pengetahuan memadai agar tidak salah memilih dan membeli. Salah sedikit saja, bisa fatal akibat yang didapatkan.

Menjadi cantik memang impian semua wanita, namun cantik tidak akan diperoleh dengan instan.

Jadilah perempuan cantik yang bijaksana dan bertanggung jawab, agar rasa percaya diri meningkat. Tentu hidupmu akan lebih bahagia.

Selanjutnya baca artikel kami dibawah ini ya …

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *