20 Film Komedi Romantis

Salah satu genre film yang cocok ditonton bersantai dengan pasangan adalah genre romcom atau romantis komedi, biasanya film bergenre romcom memiliki alur cerita yang ringan namun tetap memiliki pesan yang dalam.

Menjadi kombinasi yang cocok dimana unsur drama nya dapet tapi juga diselingi dengan lawakan yang fresh, tentunya membuat kita yang menonton jadi betah menikmati setiap adegan yang muncul. Nah apabila kamu dan pasanganmu bingung mau nonton film apa coba nih simak ulasan kita tentang 20 Film Komedi Romantis berikut.

1. How to Lose a Guy in 10 Days (2003)

Movieclips Classic Trailers

Salah satu film rom-com yang banyak digemari para movie lovers adalah How to Lose a Guy in 10 Days. Menceritakan Andie Anderson (Kate Hudson) yang berprofesi sebagai juranalis di suatu majalah membuat sebuah artikel “How to Lose a Guy in 10 Days”. Untuk menyempurnakan artikel tersebut dia akan mengencani seorang pria dan akan memutuskan nya dalam waktu 10 hari. Disisi lain Ben (Matthew McConaughey) ingin membuktikan kepada bos nya bahwa dia bisa membuat gadis jatuh cinta hanya dalam 10 hari demi kenaikan jabatan. Aksi kocak Andie dan Ben sukses membuat para penontonya tertawa, tapi kemesraan yang Andie dan Ben tunjukan sepanjang film membuktikan bahwa film ini salah satu rom-com terbaik.

2. Never Been Kissed (1999)

Movieclips Classic Trailers

Never Been Kissed menceritakan kisah Josie (Drew Barrymore) yang mendapatkan tugas dari bosnya untuk meliput aktivitas anak SMA yang mulai membahayakan yaitu dengan cara menyamar menjadi anak SMA. Namun penyamaran Josie untuk meliput kurang berhasil karena ia malah sering mendapatkan masalah, namun unsur romantisme dari film ini bukanlah nihil Josie malah jatuh cinta dengan guru bahasa inggris nya yaitu Sam Coulson dan ia pun teringat dengan kisah cinta masa SMA nya. Perjuangan Josie tentunya diselingi dengan hal-hal konyol yang mampu menggelitik perut para penontonya, cocok banget buat kamu yang mencari film ringan namun romantis.

3. About Time (2013)

Movieclips Trailers

Film About Time merupakan salah satu film rom-com namun berhubungan dengan science fiction. Tim Lake (Domhall Gleson) merupakan seorang pria yang ternyata memiliki kemampuan supranatural luar biasa, ia mengetahui kemampuan tersebut setelah sang ayah mengungkap rahasia keluarga. Yap Tim dapat melakukan perjalanan waktu namun terbatas hanya pada lokasi yang pernah ia datangi, dengan kemampuan ini Tim berusaha untuk memperbaiki kisah percintaanya dibanding mengejar harta kekayaan. Hal aneh dan menggelitik terjadi ketika Tim berulang kali menggunakan kemampuanya dan meskipun telah menggunakan kemampuanya ternyata hubungan asmara nya tetap gagal hingga akhirnya ia berjumpa dengan Mary (Rachel McAdams).

4. 10 Things I Hate about You (1999)

Movieclips Classic Trailers

Film legendaris 10 Things I Hate about You digadang-gadang sebagai salah satu film romcom terbaik sepanjang masa. Bisa dibilang film ini sangat komplit dengan mengangkat realitas percintaan remaja sekolah unsur komedi, romance, sarkas hadir mengisi cerita pada film ini. Sederet aktor ternama Joseph Gordon Levitt, Julia Stiles, dan Heath Ledger dengan apik memerankan tokohnya masing-masing. Meskipun film ini sudah tayang 20 tahun lalu nampaknya film ini masih relevan dengan kisah cinta saat ini dan tentunya unsur komedi yang dibawakan tetap fresh dan berhasil mengocok perut para penontonya.

5. When Harry Met Sally (1989)

Movieclips Classic Trailers

Tak lengkap rasanya bila tidak memasukan film When Harry Met Sally sebagai salah satu film romcom terbaik. Mengisahkan hubungan asmara Harry dan Sally mereka berdua ini merupakan teman sejak sekolah perjalanan menuju New York membuat mereka akrab namun banyaknya perbedaan pendapat antara mereka membuat mereka sering berantem. 5 tahun berselang Harry mendapati Sally dalam suatu pesawat dan mereke bersebalahan dan saling bercerita kehidupan cinta mereka namun tak lama mereka mendebatkan hal yang dulu-dulu dan akhirnya ribut lagi. Terlihat bukan jodoh yang ditakdirkan namun waktu kembali mempertemukan Harry dan Sally untuk membuktikan apakaha mereka memang berjodoh silahkan tonton film ini. Unsur komedi, romance, dan seks dibungkus dengan rapi film ini cocok banget kamu tonton bareng pasanganmu.

6. Juno (2007)

FoxSearchlight

Juno (Ellen Page) merupakan siswi SMA berumur 16 tahun yang mendapati dirinya hamil akibat hubungan seks dengan Paulie (Michael Cera). Pada mulanya Juno akan melakukan aborsi namun keinginanya tersebut tak jadi ia lakukan dan akhirnya memilih untuk memberikan bayi nya untuk diadopsi. Perjuangan juno mencari orang tua pengganti untuk bayinya berhasil dan bertemu dengan pasangan Mark dan Vanessa. Yang awalanya setuju menjadi orang tua bayi dari Juno malah Mark dan Vanessa berpisah karena belum siap menjadi orang tua, konflik lain terjadi ketiku Juno mencoba mengungkapkan perasaanya ke Juno namun tak berani. Akhirnya Juno melahirkan bayi laki-laki dan menjadikan Vanessa ibu angkatnya.

7. Love Actually (2003)

Pada film Love Actually menyajikan hubnungan percintaan yang tak Cuma manis tetapi juga pahit. Berlatar 5 pekan sebelum malam natal bercerita tentang 8 kisah cinta yang ternyata memiliki hubungan satu dengan lainya. Meskipun terlihat kompleks dan memiliki alur yang padat ternyata film ini mengalir dengan baik meskipun terdapat 8 cerita, masing-masing cerita mendapatkan porsi yang pas sehingga penonton dapat dengan puas menikmati film ini baik jatuh hati dengan manajer nya, cinta segitiga, kisah cinta bak cinderella, bahkan cinta monyet. Dan akhirnya semua tokoh bertemu di bandara Hearthrow setelah satu tahun kemudian.

8. 500 Days of Summer (2009)

FoxSearchlight

500 Days of Summer menjadi pilihan wajib bila kamu mencari film drama romantis comedy yang mampu membuat para penontonya baper sekaligus terkekeh-kekeh. Berawal dari perjalanan Tom (Joseph Gordon) yang bekerja pada sebuah agency kartu ucapan berjumpa dengan Summer Fin (Zoey Deschanel) yang merupakan sekretaris baru di agency tersebut. Memiliki kesamaan selera musik menjadikan mereka teman akrab dan akhirnya Tom menyatakan cintanya pada summer, namun sayang summer tidak ingin berpacaran dan menganggap Tom sebagai teman spesialnya. Drama romantisme yang muncul dari kebersamaan mereka mampu membuat penonton terhipnotis dan langsung menyukai film ini, namun ending film ini berakhir tak terduga dan pasti membuat para penonton gemas.

9. Crazy Rich Asian (2018)

Warner Bros. Pictures

Drama romcom yang satu ini bisa menjadi alternatif movie lovers yang bosan dengan film yang itu-itu saja. Diangkat dari novel karya Kevin Kwan film Crazy Rich Asian menceritakan kisah Rachel (Constance Wu) seorang profesor ekonomis yang mengencani Nick Young (Henry Golding) yang rupanya adalah cucu orang terkaya se-singapura. Rachel baru mengetahui ternyata Nick merupakan orang kaya ketika Nick mengajak Rachel menghadiri pernikahan sahabatnya di Singapura. Dialog penuh banyolan khas Asia dan tingkah yang kocak dari para pemeranya membuat movie lovers tertawa terpingkal-pingkal, disamping romantisme yang dibangun Nick dan Rachel membuat para penonton tersenyum geli. Konflik perjuangan Rachel membuktikan diri bahwa ia pantas menjadi pendamping Nick menjadi inti dari alur cerita film ini.

10. Leap Year (2010)

Movieclips Classic Trailers

Sebuah tradisi di Irlandia menyatakan bahwa apabila ada wanita yang menyatakan perasaanya kepada pria di hari kabisat maka sang pria wajib menerima sang wanita tersebut. Anna (Amy Adams) akan terbang ke Dublin Irlandia untuk melamar sang kekasih yaitu Jeremy (Adam Scott), namun kesialan menimpa Anna dimana pesawat yang membawanya ke Dublin harus berhenti di Cardiff karena badai menghadang. Berbagai cara dilakukan Anna untuk berjumpa dengan kekasihnya hingga ia meminta pertolongan Declan (Matthew Goode) untuk mengantarnya kesana. Kesialan yang menimpa Anna dan perkelehian yang ia lakukan sepanjang perjalan sukses membuat para penonton tertawa, hingga dibeberapa kejadi memaksa Anna dan Declan berciuman walau terpaksa.

11. To All the Boys I Love Before (2018)

Netflix

Film To All the Boys I Love Before adalah salah satu film romcom, film ini tidak ditayangkan di bioskop namun tersedia di media streaming Netflix. Memiliki alur cerita yng lucu dan menggemaskan bagi para penontonya, film ini bermula dari seorang gadis bernama Lara Jean dia adalah siswa biasa yang bahkan belum pernah berpacaran. Lara memiliki kebiasaan menulis surat cinta kepada setiap laki-laki yang ia sukai namun surat tersebut tak pernah tersampaikan dan lara memilih untuk menyimpan surat-surat tersebut. Suatu ketika adik lara menemukan surat cinta tersebut dan tanpa pikir panjang surat tersebut dikirimkan ke masing-masing pria tanppa diketahui Lara, alhasil Lara pun kaget tiba-tiba banyak para lelaki yang ia sukai mendekati dia dan menyatakan perasaanya, sungguh lucu bukan.

12. Yes Man (2008)

Warner Bros. Entertainment

Berawal dari Carl Allen (Jim Carrey) yang ternyata suka menyendiri dan menghindari kehidupan sosial, Carl merupakan tipe orang yang selalu mengatakan tidak kepada siapa-pun dan tak mau berurusan dengan orang lain. Sisi buruk dari Carl ini bermula ketika dia patah hati hingga suatu ketika ia mengikuti seminar pengembangan diri dan mulai merubah hidupnya menjadi “Yes Man”, dan tentunya ada orang dibalik berubahnya sifat Carl dan selalu mendukungnya yaitu wanita bernama Allison. Unsur komedi pada film ini muncul dari tingkah kocak Jim Carrey yang memang seorang komedian, dan kedekatan antara Carl dengan Allison menumbuhkan bibit-bibit cinta dan merubah Carl menjadi lebih baik.

13. Easy A (2010)

Sony Pictures Entertainment

Salah satu film romcom yang tak boleh dilewatkan adalah film Easy A karena film ini sukses meraih penghargaan Choice Movie : Romantic Comedy pada ajang Teen Choice Awards 2011. Berawal dari gadis bernama Olive (Emma Stone) yang memulai kebohongan untuk menghindari orang tak ia sukai, kebohongan yang dibuat Olive awalnya berjalan mulus hingga akhirnya Olive terpaksa berbohong telah melakukan hubungan seks dengan seorang pria, lantas kebohongan ini tersebar keseantero sekolah dan mengecap Olive sebagai wanita murahan. Sebagai gantinya Olive merubah penampilan nya benar-benar menjadi pelacur dan menuliskan huruf A merah di bajunya. Dialog absurd dan tingkah kocak pada film ini pastinya akan membuat kamu tertawa terpingkal-pingkal.

14.  Knocked Up (2007)

Movieclips Classic Trailers

Pertemual Alison dengan Ben disuatu klub malam malah berakhir dengan hubungan seks karena terlalu mabuk berat, Alison meminta Ben untuk menggunakan pengaman namun Ben malah mendengar sebaliknya. Ketika pagi hari terjadi pertengkaran antara mereka akibat kejadian semalam dan akhirnya mereka memutuskan untuk tidak bertemu lagi. 8 minggu berlalu Alison merasakan sesuatu yang aneh dalam perutnya yang ternyata Alison mengandung seorang Bayi, dan untuk pertama kalinya setelah berpisah Alison menelfon Ben untuk memberi tahu bahwa dia hamil. Perjuangan Alison dan Ben diwarnai aksi kocak yang mengundang gelak tawa baik dari dialog maupun tingkah mereka berdua.

15. 50 First Dates (2004)

Movieclips Classic Trailers

Masih dengan genre drama romance dibintangi oleh Adam Sandler sebagai Henry Roth yang berprofesi sebagai dokter hewan. Tak sengaja bertemu dengan Lucy (Drew Barrymore) ternyata membuat henry jatuh hati, namun sayang Lucy seorang amnesia sehingga dia lupa pernah bertemu dan berbincang dengan siapa. Aksi kocak Adam Sandler dalam merebut hati Lucy sukses membuat perut terkocok-kocok, tetapi tak hanya unsur komedi chemistry romance yang Henry dan Lucy bangun sangat disukai para penonton.

16. Cinta Dalam Kardus (2013)

Raditya Dika

Film yang satu ini berasal dari Tanah air, menampilkan Raditya Dika sebagai Miko yang sedang merasa jenuh dengan pacarnya Putri (Anizabella Lesmana) dan berfikiran untuk putus. Miko berencana akan melakukan stand up untuk mengusir kebosananya tetapi tiba-tiba ia melihat sebuah kardus yang ternyata berisikan barang-brarang pemberian mantan nya. Setelah tiba dtempat ia stand up Miko malah teringat dengan kenangan bersama mantanya alhasil Miko malah membawakan materi stand up tentang barang pemberian mantan nya, dan dari situlah miko belajar tentang arti cinta.

17. Milly & Mamet (2018)

StarvisionPlus

Merupakan spin-off dari film AADC yang berfokus pada jalinan asmara Milly dan Mamet yang memang selalu mengundang gelak tawa ketika muncul di film AADC. Milly (Sissy Priscilla) akhirnya menjatuhkan hatinya dan menikah dengan lelaki pilihanya yaitu Mamet (Dennis Adhiswara), dan kehidupan rumah tangga mereka dimulai dengan hadirnya sang Bayi. Milly yang sudah menjadi ibu ternyata masih tetap lemot seperti sebelum menikah yang tentunya membuat para penonton teregelitik, konflik rumah tangga dan perselisihan dengan mertua membuat Mamet mencoba usaha mendirikan resto karena ia juga jago memasak dan berpartner dengan Alexandra (Julie Estelle) temanya semasa sekolah. Perjuangan membangun rumah tangga yang dibina Milly & Mamet serta tingkah lucu mereka ber 2 membuat film ini sangat layak untuk kamu tonton.

18. Get Married (2007)

Mae (Nirina Zubir) adalah gadis tomboy yang bercita-cita sebagai polwan namun orang tuanya tak merestuinya, melihat kondisi Mae yang tak karuan orang tuanya berencan ingin menikah kan Mae. Setelah dijodohkan kemana mana hanya satu orang yang mau menerima Mae namun sayang Mae memiliki standar yang tinggi untuk seorang cowo. Untuk menemukan cinta sejatinya Mae dibantu 3 cowo sahabatnya yaitu Eman (Aming), Beni (Ringgo Agus Rahman), dan Guntoro (Desta) aksi kocak 3 pria ini mampu mengocok perut anda lewat banyolan dan tingkah laku mereka, menuai kesuksesan yang gemilang film ini dibuat sekuel nya sebanyak 4 film.

19. Kapan Kawin (2015)

Legacy Pictures

Judul film ini memang lebih mengerikan daripada film horor bagi para jomblo, mengangkat tema dari realitas kehidupan sehari-hari menjadi inti cerita dari film ini. Mengisahkan Dinda (Adinia Wirasti) seorang wanita karir yang cukup mapan, namun sayangnya usia nya sudah mencapai 30 tahun dan berstatus jomblo. Demi menyenangkan hati orang tuanya Dinda berencana mencari pacar sewaan untuk diperkenalkan selama di Jogja yaitu Satrio (Reza Rahardian) yang berprofesi sebagai aktor teater. Memiliki sifat yang idealis malah membuat Dinda kebingungan dan menjadikan rencananya kacau. Akting Reza Rahardian sebagai Satrio sukses membuat para penonton tertawa dari tingkah konyol sampai banyolanya.

20. Koala Kumal

Raditya Dika

Film bergenre komedi romantis ini diadaptasi dari sebuah novel karya Raditya Dika dengan judul yang sama. Dika (Raditya Dika) mendadak galau dan frustasi karena baru saja batal menikah, diketahui pacarnya Andrea (Acha Septriasa) memutuskan untuk meninggalkanya dan memilih James (Nino Fernandez). Karena galau Dika kesulitan untuk menyelesaikan bab terakhir bukunya, hingga tiba-tiba Dika berjumap dengan Trisna (Sheryl Sheinafia) dan membuat Dika berubah segalanya. Tentunya pada film ini Raditya Dika tak lupa menyisipkan komedi ciri khasnya dari setiap tingkah laku Dika, film ini juga mengundang banyak komika untuk berpartisipasi mengambil peran yang pastinya membuat anda tertawa terpingkal-pingkal.

Tinggalkan komentar