20 Film Drama Korea Yang Bakal Bikin Mengharu Biru Hatimu

Eksistensi sineas negeri gingseng hingga saat ini semakin melambung tinggi terbukti dari kualitas film yang dihasilkan dapat menembus jutaan penonton baik di negeri Korea maupun di luar negeri.

Pengahrgaan bergengsi pun sering dianugerahkan pada sineas Korea karena berhasil memecahkan rekor perfilman dunia. Nah salah satunya adalah film bergenre Drama yang sukses di pasaran baik lokal maupun internasional, penasaran apa saja film Drama Korea terbaik, check this out!

Nah salah satunya adalah film bergenre Drama yang sukses di pasaran baik lokal maupun internasional, penasaran apa saja film Drama Korea terbaik, check this out!

1. Miracle in Cell no 7 (2013)

MuvilaTrailer

Film dengan genre drama comedy ini dikategorikan sebagai film tersedih di Korea, hampir para penonton meneteskan air mata usai menonton film tersebut. Berawal dari kisah seorang ayah bernama Lee Yong Goo yang ternyata keterbelakangan mental, Lee terpaksa merasakan dinginya dibalik jeruji akibat kasus pembunuhan yang difitnahkan padanya. Keadaan tersebut membuat Lee berpisah dengan anak perempuan nya yaitu Ye Sung, di dalam penjara Lee mengalami intimidasi karena keterbelakangan mentalnya tapi pada akhirnya narapidan lain menjadi iba setelah mengatahui bahwa Lee merupakan orang yang baik dan jujur. Lee hanya memiliki 1 keinginan yaitu ingin berjumpa dengan Ye Sung kembali. Menceritkan kasih sayang seorang ayah kepada anaknya dan perjuanganya dibalik jeruji sukses membuat banjir air mata dari para penonton.

2. Parasite (2019)

Madman Films

Salah satu film Korea terbaik lainya adalah Parasite, film yang disutradarai oleh Bong Joon-Ho mengusung genre comedy thriller. Berawal dari kisah keluarga yang pas-pasan tinggal disebuah apartemen yang kumuh, mencoba memperbaiki nasib keluarganya membawa Ki Taek bekerja pada sebuah keluarga kaya raya. Tak hanya sang bapak bahkan anak laki-laki, anak perempuan, dan istrinya bekerja ditempat yang sama tanpa diketahui pemilik rumah bahwa mereka adalah satu keluarga. Mengusung genre thriller alur cerita film ini sulit ditebak hingga dipenghujung film, sajian komedi dan drama dari para karakter berhasil membuat para penontonya tertawa dan terkejut disaat yang bersamaan. Film ini patut mendapat apresiasi yang luar biasa tak tanggung-tanggu film Parasite terpilih sebagai film terbaik dalam ajang Cannes Film Festival.

3. My Sassy Girl (2001)

AsianCrush

My Sassy Girl merupakan film bergenre romantic comedy yang dibintangi oleh Jun Ji-Hyun dan Cha Tae-Hyun. Perjumpaan Chae Tae-Hyun dengan Jun Ji Hyun pada mulanya menjadi petaka, pertemuaan yang tidak sengaja di dalam kereta menjadi awal cerita ini. Jun yang dalam kondisi mabuk berat akhirnya pingsan dan sesaat sebelum pingsan Jun mengatakan kata sayang kepada Chae padahal mereka sebelumnya tidak saling kenal. Lantas para penumpang mengira mereka adalah sepasang kekasih dan menyuruh Chae untuk mengurus gadis tersebut, hingga akhirnya Chae membawa Jun ke motel untuk beristirahat. Aksi kocak dan hal-hal konyol mengiringi kisah cinta mereka dengan sifat egois dan manja dari Jun sukses membuat para movie lovers tertawa. 

4. Burning (2018)

Well Go USA Entertainment

Film Burning sukses masuk nominasi Best Foreign Language Film dalam Academy Awards, dan terpilih sebagai Palme d’Or di Cannes Festival Film. Mengisahkan kisah cinta segitia antara Jongsu, Haemi, dan Ben film ini mengusung genre Drama Romance dan Thriller. Jong-Su yang jatuh hati dengan teman waktu kecil nya Hae-Mi terpaksa harus menahan perasaanya karena Hae-Mi akan pergi ke Afrika dan meniggalkan kucingnya untuk Jong-Su jaga. Setibanya dari Afrika ternyata Hae-Mi tidak sendiri ia mengenalkan teman nya bernama Ben yang ia temui saat di Afrika, kedekatan Ben dengan Hae-Mi lantas membuat Jong-Su cemburu hingga akhirnya Ben mengungkapkan suatu rahasia tak terduga pada Jong-Su dan tiba-tiba Hae-Mi menghilang.

5. 3-Iron (2004)

Sony Pictures Movies & Shows

Film 3-Iron ini cukup unik, karena si tokoh utama prianya tidak mengeluarkan dialog sama sekali. Berawal dari seorang pemuda gelandangan yang suka menerobos rumah orang yang tak berpenghuni dan ia memutuskan untuk tinggal di rumah tersebut. Hingga akhirnya sang pemuda tak sengaja menerobos rumah yang berpenghuni dimana disitu tinggal seorang istri yang depresi akibat kekeran yang dilakukan suaminya, tentu saja akhirnya mereka berdua jatuh cinta dan sang wanita memutuskan untuk ikut dengan pemuda tesebut. Minimnya dialog pada film ini tak membuat film ini menjadi buruk, malah penonton diajak untuk berfikir dan mengamati secara mendalam setiap adegan. 

6. Oasis (2002)

Oasis adalah salah satu film drama romantis yang memiliki alur cerita mengharukan. Film yang digarap oleh sutradara Lee Chang-dong ini mengisahkan perjalanan seorang pria yang merupakan mantan narapidana kasus pembunuhan tabrak lari yang berusaha menebus dosa nya dengan mengasuh anak dari korban yang ternyata memiliki keterbelakangan mental. Hubungan keduanya menghasilkan kisah cinta yang unik dan mustahil. Kecerdikan sang sutradara terlihat dari beberapa adegan yang berhasil membuat para penonton termenung dan melihat betapa indahnya kebersamaan mereka yang meskipun sama-sama memiliki kekurangan.

7. A Moment to Remember (2004)

Disebut-sebut sebagai film romantis korea terbaik sepanjang masa film A Moment To Remember penuh unsur keromantisan dan rasa haru. Film garapan sutradara John H. Lee sukses mendapatkan tanggapan positif baik dari dalam negeri maupun luar negeri. A moment to remember yang dibintangi oleh Son Ye-jin dan Jung Woo-sung menggambarkan tentang kisah asmara serta kesetiaan Jung Woo sung yang memiliki seorang istri Son Ye-Jin dengan penyakit Alzheimer yang menjadikan dirinya memiliki ingatan jangka pendek. Perjuangan sang suami memperjuangkan cintanya berhasil membius para penonton dan mengobrak-abrik emosi kita.

8. Ode to My Father (2014)

ONE Media

Film Ode to My Father sempat menduduki film terlaris ke 2 sepanjang masa di Korea mengangkat genre Drama film ini di sutradarai oleh Yoon-Je Kyon. Sebuah kisah flashback dialami dialami Deok Soo yang tua, dia mengingat masa lalunya saat muda ketika terjadi Perang Korea, demi membantu ibu dan adik-adiknya Deok Soo terpaksa pergi ke Jerman untuk bekerja sebagai penambang batubara. Tak hanya ke Jerman Deok Soo juga turun ke medan perang di Vietnam demi bayaran yang tinggi, film ini tak hanya membuat penontonya terharu tapi juga diselingi aksi kocak dari para pemeranya.

9. On Your Wedding Day (2018)

HanCinema

Film On Your Wedding Day menggambarkan kisah cinta masa SMA dimana Woo Yeon (Kim Young Kwang) merupakan siswa paling bandel dikelas. Layaknya percintaan remaja pertemuan dengan Seung Hee (Park Bo Young) langsung membuat Woo Yeon jatuh hati dan akhirnya mereka berpacaran. Perjalanan cinta Woo Yeon memang tidak baik terbukti tidak lama berpacaran mereka pun putus, ketika memasuki dunia kuliah mereka tak sengaja bertemu kembali di Universitas tempat mereka kuliah namun sayang Seung Hee sudah memiliki pendamping yang baru. Melihat hal tersebut tidak menggoyahkan hati Woo Yeon untuk merebut Seung Hee kembali dan terbukti mereka akhirnya kembali pacaran. Kesalahan yang dilakukan Woo Yeon menyebabkan mereka kembali putus dan kali ini Woo Yeon tak berhasil memperbaiki hubunganya karena Seung Hee memutuskan menikahi pria lain.

10. A Werewolf Boy (2012)

Movieclips Trailers

Film yang resmi tayang pada september 2012 yang mengusung genre drama romance fantasy, berangkat dari kisah cinta Soon-Yi yang mengenang masa lalunya ketika dia tinggal di rumah tua tersebut. Sesuatu merubah kehidupan Soon-Yi dimana seorang pemuda gelandangan mendatangi rumah tersebut dan meminta pertolongan, merasa iba lantas membuat Soon-Yi mengajak sang pemuda tinggal bersama. Seiring berjalanya waktu karena kasih sayang yang ditunjukan Soon-Yi membuat sang pemuda jatuh cinta, akan tetapi Soon-Yi tidak tahu jika pemuda tersebut adalah werewolf. Sosok werewolf ini diperankan oleh Song Joong-ki, sang werewolf rela mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan Soon-yi. Hingga disuatu ketika Soon-yi pergi meninggalkan pemuda itu dan berjanji, “Tunggu aku. Aku pasti kembali untukmu.”

11.The Beauty Inside (2015) 

Movieclips Trailers

The Beauty Inside adalah film dengan genre romance comedy yang digarap oleh sutradara Baek Jong-Yul. Mengisahkan kehidupan seorang pria bernama Woo-Jin (Han Hyo-Joo) yang menjadi pemeran utama film ini, Woo Jin memiliki kemampuan unik dimana setiap harinya dia terbangun dengan tubuh yang berbeda-beda. Woo Jin bisa berubah menjadi orang tua, wanita, orang asing, atau pria lain walaupun begitu Woo Jin tetaplah Woo Jin dengan tubuh yang berganti-ganti. Woo Jin sangat mencintai Yi-Soo sampai suatu ketika Yi-Soo mengetahui bahwa Woo-Jin memiliki kemampuan unik tersebut, namun apapun yang terjadi pada Woo-Jin, Yi-Soo tetaplah mencintainya. Aksi kocak Woo-Jin yang berganti tubuh setiap hari pasti akan membuat kalian tertawa terpingkal-pingkal.

12. Architecture 101 (2012)

missA

Film Drama Romance karya sutradara Lee Yong-Joo resmi tayang di bioskop pada 2012. Berawal dari pertemuan dua mahasiswa pada mata kuliah pengantar arsitektur dan mereka saling jatuh cinta. 15 tahun berlalu Seung-Min telah menjadi arsitektur ternama hingga suatu ketika seorang wanita datang untuk meminta nya mendesain rumah impianya, tak lama dia tersadar bahwa wanita tersebut adalah Seo Yeon yang merupakan gadis yang dia jumpai ketika kuliah dan membuatnya jatuh. Seung min menyanggupi permintaan Seo Yeon dan bersama-sama mereka menggarap proyek pembangunan rumah. Kebersamaan saat menegrjakan proyek membuat mereka saling jatuh cinta lagi, tetapi perjalanan cinta mereka tak mudah karena hadirnya orang ketiga.

13. A Millionaire First Love (2006)

MuayJK

Menceritakan kisah Jae Kyung (Hyun-Bin) yang adalah cucu dari Miliarder Korea, Jae Kyung memiliki sifat arogan, sombong dan suka menghamburkan uang. Tak lama sang Kakek meninggal dunia dan meninggalkan sepucuk surat wasiat, dalam surat tersebut dikatakan bahwa Jae Kyung dapat menjadi sang ahli waris dengan syarat dia mau menyelesaikan studi SMA nya di daerah terpencil. Tak perlu pikir panjang Jae Kyung langsung pergi ke daerah terpencil tersebut. Terbiasa dengan kemewahan membuat Jae Kyung kesulitan ketika awal-awal hidup di pedesaan, hingga suatu ketika Jae Kyung terpesona dengan kecantikan kembang desa Eun-Hwan (Lee Yeon-Hee). Bukan hal sulit bagi Jae Kyung untuk menaklukan sang kembang desa akan tetapi permasalahan muncul ketika Jae Kyung mengetahui bahwa Eun-Hwa mengidap penyakit jantung dan hidupnya tak lama lagi.

14. The Classic (2003)

Setelah sukses dengan My Sassy Girl sutradara Kwak Jae-Yong mencoba peruntunganya denga film bergenre drama romance lagi yaitu The Classic. Film ini sangat menarik untuk ditonton bermula dari Ji Hae si gadis cantik tak sengaja menemukan buku harian ibunya, dalam diary tersebut diceritakan ternyata ibu Ji Hae yaitu Jo-Hee harus mengalami perjodohan dengan Tae Su dengan meninggalkan cinta sejatinya Joon-Ha. Waktu berselang JI-Hae dekat dengan cowo bernama Sung-Min dan saling mengungkapkan perasaan masing-masing, diketahui bahwa Sung-Min merupakan anak dari Joon-Ha yang adalah cinta sejati ibunya Ji Hae. Konflik pun muncul dan menjadi tanda tanya besar akankah Ji Hae dapat menyatukan cintanya dengan Sung-Min atau akan bernasib seperti orang tuanya, sangat menarik bukan.

15. Miss Granny (2014)

Viva Ent

Setelah menonton film ini pasti kalian akan terbesit film “Sweet 20” yang dibintangi Tatjana Saphira, yap betul sekali film Sweet 20 merupakan adaptasi dari film Miss Granny. Memiliki kisah cerita yang sama persis dari awal hingga akhir bermula dari sang nenek bernama Oh Mal Soon yang tinggal bersama anak dan menantunya, ternyata sang nenek sering berselisih dengan menantunya Ae Ja. Suatu ketika Ae Ja sakit parah dan disarankan untuk tidak tinggal bersama mertuanya, melihat hal tersebut sang suami Hyun Chul malah memutuskan untuk mengirimkan sang ibu ke panti jompo untuk beberapa waktu. Sang Ibu Mal Soon menjadi sedih ketika tahu bahwa dia ditempatkan di panti jompo, mencoba menghibur diri Mal Soon mendatangi studio foto untuk membuat kenang-kenangan, tetapi keanehan terjadi dimana setelah dia berfoto sang nenek berubah menjadi gadis berumur 20 tahun. Dan perjalanan Mal Soon sebagai gadis 20 tahun pun dimulai.

16. All About My Wife (2012)

CJEntertainmentUSA

Salah satu drama romcom korea terbaik adalah All About My Wife garapan sutradara Min Kyu-Dong. Sepasang suami istri Doo Hyun dan Jung In telah menikah selama 7 tahun namun kehidupan rumah tangga yang mereka jalani tak seindah semasa pacaran, setelah menikah Dong Hyun menyadari bahwa sang istri ternayata selalu mengeluh dan super cerewet hingga menyebabkanya stres. Karena tak tahan Dong Hyun berniat menceraikan Jung In, tetapi setelah berfikir panjang dia mengurungkan niatnya. Dia memiliki strategi lain dengan menyewa seorang playboy bernama Sung Ki untuk merayu sang istri Jung In dengan harapan Jung In akan tergoda dan menceraikan Dong Hyun, penasaran dengan kelanjutanya ? apakah rencana tersebut berhasil ? yuk kita tonton bareng.

17. Dancing Queen (2012)

CJEntertainmentUSA

Film yang dibintangi Uhm Jung Hwa dan Hwang Jung Min mengusung genre romcom dengan sentuhan sang sutradara Lee Seok-Hon. Mengkisahkan perjalan hidup Uhm yang telah menikah dengan Hwang namun Uhm masih menyimpan mimpinya untuk menjadi penyanyi terkenal. Ketika Hwang menunggu kereta di stasiun dia melihat seorang pria terjatuh di rel beberapa detik sebelum kereta melintas, dengan cekatan dan aksi yang heroik Hwang mampu menyelamatkan pria tersebut. Berkat aksi tersebut Hwang menjadi terkenal dan mendapat pujian hingga dia dijagokan untuk turun menjadi calon walikota Seoul, Hwang dan keluarganya menjadi tenar kesempatan emas pun datang kepada Uhm untuk mewujudkan mimpinya sebagai penyanyi.

18. Love Forecast (2015)

CJ ENTERTAINMENT

Menceritakan kisah Joon Soo (Lee Seung-Gi) yang berprofesi sebagai guru dengan sikap yang santun, baik, dan ramah bersahabat dengan Hyun Woo (Moon Chae Woon) yang aktif sebagai pembaca berita cuaca. Kedua nya menelan pil pahit jika berhubungan dengan asmara Joon Soo selalu gagal dan sering dimanfaatkan oleh para wanita, sedangkan Hyun Woo harus mengakhiri kisah cintanya dengan seorang sutreadara yang telah memiliki istri dan anak. Bersahabat sejak lama tentu bukan berarti Joon Soo tak ada perasaan kepada Hyun Woo dia diam-diam mengagumi Hyun Woo, lalu apakah Joon Soo berhasil merebut hati sahabatnya tersebut ?.

19. The Princess and The Matchmaker (2018)

Movieclips Indie

Berlatar pada masa Dinasti Joseon kemarau panjang terjadi dan mengancam kehidupan para penduduk, ada sebuah usulan yang lucu dimana sang Raja harus menikahkan putrinya untuk mengakhiri kemarau panjang ini. Awalnya sang raja menolak tapi demi rakyatnya akhirnya sang raja menyetujui. Sang raja membuka sayembara untuk para pria yang bersedia menikahi putrinya, namun sang Putri Song Hwa tidak boleh melihat para kandidar tersebut hingga akhirnya sang putri menyamar jadi pelayan untuk dapat melihat calon suaminya tersebut. Drama perjalana cinta sang putri sangat menarik ditambak intrik kudeta perebutan tahta menjadikan film ini layak ditonton. 

20. Tae Guk Gi : The Brotherhood of War (2005)

Film dengan tema Perang Korea memang menarik untuk kita ikuti, salah satu nya adalah film Tae Guk Gi. Menceritakan hubungan kakak adik yang saling menyayangi yaitu Jin Tae (Jang Dong-Gun) dan Jin Seok (Won Bin) mereka terpaksa menjadi prajurit untuk turun ke medan perang. Jin Tae sang kakak banyak mendapatkan penghargaan karena sebagai pahlawan perang, melihat sang kakak menjadi gila penghargaan membuat Jin Seok membencinya. Jin Tae mengira bahwa Jin Seok telah mati ditangan Korea Utara hingga akhirnya Jin Tae tewas karena mencoba menyelamatkan sang adik. Kisah haru saling menyayangi antara Kakak dan Adik menjadi senjata ampuh film ini untuk menarik minat penonton. 

Tinggalkan komentar