20 Film Korea Terbaik Yang Wajib Masuk Daftar Kamu

film korea terbaik

Korea tak hanya terkenal dengan musik K-pop ataupun Drama nya, Industri perfilman Korea saat ini melejit berkat kualitas film nya yang memang oke punya. Berbagai genre seperti Action, Comedy, Romance, Thriller dan Horror pun dihasilkan untuk memeriahkan jagat perfilman dunia, berbagai penghargaan internasional berhasil diraih dan sukses menyabet puluhan juta penonton secara global. Berikut 20 Film Terbaik Korea yang wajib kamu tonton.

1. Train to Busan (2016)

Zero Media

Train to Busan merupakan film action thriller yang digarap oleh sutradara Yeon Sang-Ho. Dibintangi oleh Gong Yoo yang sebagai seorang manajer pada sebuah perusahan, dia membawa anak perempuanya ke Busan menggunakan kereta untuk menemui ibunya. Saat kereta mulai berjalan tiba-tiba wanita yang terluka menyerang sebagian penumpang yang ternyata adalah seorang zombie, satu gigitan tersebut berhasil menginfeksi dan menyebabkan zombie apocalypse dalam kereta tersebut. Perjuangan epic Gong Yoo untuk menyelamatkan putrinya dari serangan zombie sangat epic dan berhasil membuat para penonton tegang sepanjang film, serangan zombie yang sangat brutal membuat Gong Yoo kewalahan. Lalu apakah Gong Yoo dan putrinya akan selamat ? mari kita tonton bersama. 

2. Parasite (2019)

Madman Films

Salah satu film Korea terbaik lainya adalah Parasite, film yang disutradarai oleh Bong Joon-Ho mengusung genre comedy thriller. Berawal dari kisah keluarga yang pas-pasan tinggal disebuah apartemen yang kumuh, mencoba memperbaiki nasib keluarganya membawa Ki Taek bekerja pada sebuah keluarga kaya raya. Tak hanya sang bapak bahkan anak laki-laki, anak perempuan, dan istrinya bekerja ditempat yang sama tanpa diketahui pemilik rumah bahwa mereka adalah satu keluarga. Mengusung genre thriller alur cerita film ini sulit ditebak hingga dipenghujung film, sajian komedi dan drama dari para karakter berhasil membuat para penontonya tertawa dan terkejut disaat yang bersamaan. Film ini patut mendapat apresiasi yang luar biasa tak tanggung-tanggu film Parasite terpilih sebagai film terbaik dalam ajang Cannes Film Festival.

3. Extreme Job (2019)

Movieclips Indie

Berangkat dari kisah Captain Ko yang merupakan ketua tim detektif yang mendapatkan tugas untuk memata-matai markas peredaran narkoba. Extreme Job merupakan film dengan genre Comedy Action, terdiri dari 5 anggota detektif yang absurd. Captain Ko harus memutuskan apakah meneruskan misinya dalam memberantas kejahatan atau memilih menjalankan usaha ayam goreng yang ternyata laku keras. Unsur komedi dalam film ini sangat luar biasa, bisa kamu temukan sejak awal hingga akhir film baik dari celetukan hingga aksi dan tingkah laku para detektif tersebut dan bisa dibilang bahwa mereka benar-benar absurd. Namun jangan khawatir film ini tetap menampilkan sisi aksi kejar-kejaran dan baku hantam yang membuat para penonton terkejut dan terheran-heran. 

4. Old Boy (2003)

Penculikan terhadap Dae Su menjadi adegan pembuka pada film ini, sekelompok orang tak dikenal menangkap Dae Su dan mengurungnya di sebuah kamar yang sangat suram. Tak tanggung-tanggung Dae Su dikurung selama 15 tahun dan membuatnya hampir gila. Tiba-tiba Dae Su dilepaskan, setelah bebas Dae Su bertemu dengan wanita muda di sebuah restoran yaitu Mi-Do, karena iba Mi-Do mengijinkan Dae Su untuk tinggal bersamanya. Konflik bermula ketika Dae Su bertemu Woo Jin yang ternyata dalang dari penangkapan Dae Su 15 Tahun yang lalu, kemudain Dae Su ditantang ole Woo Jin jika dia berhasil mengungkap alasan kenapa dia di kurung maka Woo Jin akan bunuh diri, namun jika dia gagal maka Mi-Do yang akan terbunuh.

5. Memories of Murder (2003)

Sebelum sukses dengan film Parasite sutradara kondang Boo Joon Ho terkenal dengan film bergenre drama kriminal yaitu Memories of Murder. Film ini diangkat dari kisah nyata pembunuhan berantai yang pernah terjadi di Korea Selatan berapa waktu lalu. Dua orang Detektif berusaha membongkar misteri pembunuhan dimana ditemukan 2 mayat yang meninggal dengan kondisi tragis. Perbedaan karakter dari Detektif Park dan Detektif Soo menjadi daya tarik film ini, serta menjadi kunci jalanya film ini seperti film crime thriller lainya penonton diajak untuk berfikir untuk menebak siapa dalang misteri pembunuhan. Sesekali gelak tawa muncul dari para penonton dengan beberapa dialog dark komedi penuh dengan satir.  

6. Miracle in Cell no 7 (2013)

MuvilaTrailer

Film bergenre drama comedy ini digadang-gadang sebagai film tersedih Korea, tak sedikit para penonton yang ikut meneteskan air mata usai menonton film ini. Bermula dari kisah seorang ayah bernama Lee Yong Goo yang memiliki keterbelakangan mental, Lee terpaksa mendekam dalam penjara akibat kasus pembunuhan yang dituduhkan padanya. Hal tersebut menyebabkan ia berpisah dengan anak semata wayang nya Ye Sung, di dalam penjara Lee mengalami intimidasi karena keterbelakangan mentalnya namun para tahanan lain menjdai iba karena ternyata ia merupakan orang yang baik dan jujur. Lee hanya memiliki 1 keinginan yaitu ingin berjumpa dengan Ye Sung kembali. Menceritkan kasih sayang seorang ayah kepada anaknya dan perjuanganya dibalik jeruji sukses membuat banjir air mata dari para penonton.

7. My Sassy Girl (2001)

AsianCrush

My Sassy Girl merupakan film bergenre romantic comedy yang dibintangi oleh Jun Ji-Hyun dan Cha Tae-Hyun. Perjumpaan Chae Tae-Hyun dengan Jun Ji Hyun pada mulanya menjadi petaka, pertemuaan yang tidak sengaja di dalam kereta menjadi awal cerita ini. Jun yang dalam kondisi mabuk berat akhirnya pingsan dan sesaat sebelum pingsan Jun mengatakan kata sayang kepada Chae padahal mereka sebelumnya tidak saling kenal. Lantas para penumpang mengira mereka adalah sepasang kekasih dan menyuruh Chae untuk mengurus gadis tersebut, hingga akhirnya Chae membawa Jun ke motel untuk beristirahat. Aksi kocak dan hal-hal konyol mengiringi kisah cinta mereka dengan sifat egois dan manja dari Jun sukses membuat para movie lovers tertawa. 

8. Burning (2018)

Well Go USA Entertainment

Film Burning sukses masuk nominasi Best Foreign Language Film dalam Academy Awards, dan terpilih sebagai Palme d’Or di Cannes Festival Film. Mengisahkan kisah cinta segitia antara Jongsu, Haemi, dan Ben film ini mengusung genre Drama Romance dan Thriller. Jong-Su yang jatuh hati dengan teman waktu kecil nya Hae-Mi terpaksa harus menahan perasaanya karena Hae-Mi akan pergi ke Afrika dan meniggalkan kucingnya untuk Jong-Su jaga. Setibanya dari Afrika ternyata Hae-Mi tidak sendiri ia mengenalkan teman nya bernama Ben yang ia temui saat di Afrika, kedekatan Ben dengan Hae-Mi lantas membuat Jong-Su cemburu hingga akhirnya Ben mengungkapkan suatu rahasia tak terduga pada Jong-Su dan tiba-tiba Hae-Mi menghilang.

9. 3-Iron (2004)

Film 3-Iron ini cukup unik, karena si tokoh utama prianya tidak mengeluarkan dialog sama sekali. Berawal dari seorang pemuda gelandangan yang suka menerobos rumah orang yang tak berpenghuni dan ia memutuskan untuk tinggal di rumah tersebut. Hingga akhirnya sang pemuda tak sengaja menerobos rumah yang berpenghuni dimana disitu tinggal seorang istri yang depresi akibat kekeran yang dilakukan suaminya, tentu saja akhirnya mereka berdua jatuh cinta dan sang wanita memutuskan untuk ikut dengan pemuda tesebut. Minimnya dialog pada film ini tak membuat film ini menjadi buruk, malah penonton diajak untuk berfikir dan mengamati secara mendalam setiap adegan. 

10. Welcome to Dongmakgol (2005)

International Film Festival Rotterdam

Film Welcome to Dongmakgol pernah menjadi nominasi Best Foreign Language pada ajang Academy Awards 2006. Berlatar pada tahun 1950 saat terjadi Perang Korea, dimulai dengan pertemuan antara tentara Korea Utara dan Korea Selatan serta seorang Pilot Amerika di suatu Desa terpencil. Desa terpencil tersebut bernama Dongmakgol dimana para penduduknya masih primitif dan tidak menyadari bahwa saat ini sedang terjadi perang besar. Pertemuan tentara Korea Utara dan Korea Selatan tentu menyebabkan ketegangan di Desa tersebut, namun para penduduk Dongmakgol tidak peduli dengan hal tersebut malah menjadikan lelucuon. Dengan kegaduhan yang disebabkan para tentara menyebabkan makanan di Desa tersebut terancam habis dan mereka harus bertanggung jawab.

11. The Man from Nowhere (2010)

 Film yang digarap oleh sutradara Lee Jeong-Beom ini memiliki genre Action Thriller dan termasuk salah satu film Action Korea terbaik. Menggandeng aktor tampan Won Bin sebagai tokoh utama tentunya membuat film ini sangat dinantikan di negeri asalnya. Mantan agen rahasia Cha Tae Sik (Won Bin) menjalani hidup dengan kesendirian karena sang istri telah tewas dengan tragis. Aksi keren Tae Sik bermula dari penangkapan kepada seorang wanita dan anaknya yang terpaksa melibatkan Tae Sik, melihat sang ibu telah tewas penuh sayatan membuat Tae Sik semakin menjadi dan sang anak juga belum ditemukan. Aksi baku-hantam pun tak terelakan dengan para penjahat, kemarahan Tae Sik memuncak ketika melihat bola mata sang anak berada dalam tabung.

12. The Good, The Bad, The Weird (2008)

IFC Films

Film koboi tak hanya ditemukan di Hollywood, tapi di Korea juga ada film dengan tema aksi Koboi. Film ini sedikit terinspirasi dari maha karya Sergio Leone yaitu The Good, The Bad, The Ugly. Diperankan oleh aktor ternama Korea seperti Jung Woo Sung (The Good), Lee Byung-Hun “The Bad” dan Song Kang-Ho “The Weird”, bermula dari aksi pencurian peta harta karun milik jepang yang dibawa kereta api. Menyebabkan ke 3 tokoh tersebut saling kejar-kejaran, aksi saling adu tembak pun tak terlekan. Dan sinematografi khas film koboi pun tersaji dengan apik seperti padang tandus, kuda-kuda, dan bar membuat film ini sangat menarik.

13. Tae Guk Gi : The Brotherhood of War (2005)

Film dengan tema Perang Korea memang menarik untuk kita ikuti, salah satu nya adalah film Tae Guk Gi. Menceritakan hubungan kakak adik yang saling menyayangi yaitu Jin Tae (Jang Dong-Gun) dan Jin Seok (Won Bin) mereka terpaksa menjadi prajurit untuk turun ke medan perang. Jin Tae sang kakak banyak mendapatkan penghargaan karena sebagai pahlawan perang, melihat sang kakak menjadi gila penghargaan membuat Jin Seok membencinya. Jin Tae mengira bahwa Jin Seok telah mati ditangan Korea Utara hingga akhirnya Jin Tae tewas karena mencoba menyelamatkan sang adik. Kisah haru saling menyayangi antara Kakak dan Adik menjadi senjata ampuh film ini untuk menarik minat penonton. 

14. Along with the Gods : The Last 49 Days (2018)

Movieclips Indie

Film Along with the Gods : The Last 49 Days merupakan sekuel dari Film Along with the Gods : The Two Worlds yang tayang pada 2017. Dengan konsep film perjalanan arwah di alam baka yang harus melewati semua pengadilan agar bisa kembali di renkarnasi. Bermula dari Kim Soo-Hong yang tewas tak sengaja tertembak oleh anak buahnya dan perjalanan di alam bakanya pun dimulai bersama Dewa Seongju. Alur maju-mundur pada film ini menjadi kunci alur cerita dimana kita bisa mengetahui kejadian apa saja yang terjadi di masa lalu, dengan latar tempat alam baka film ini tidak kalah keren dengan film CGI Hollywood.

15. The Admiral : Roaring Currents (2014)

Movieclips Trailers

Merupakan film kolosan yang berlatar pada tahun 1597, menceritakan kisah Jenderal Yi Sun Sin (Choi Min-sik) yang memimping angkatan laut Dinasti Joseon. Dengan keadaan armada yang lemah setelah kekalahan perang Jenderal Yi Sun Sin harus memutar otak gimana caranya menghadapi pasukan jepang dengan armada dan pasukan yang tersisa. Film ini benar-benar menunjukan kehebatan Jenderal Yi Sun Sin yang gagah berani dan tetap percaya diri dengan armada miliknya, menyusun siasat dan mengirimkan mata-mata untuk mengintai kekuatan musuh membuat film ini sangat menarik untuk ditonton, kita akan dibuat tersentuh oleh kharisma sang jenderal terbukti film ini menjadi film terlaris sepanjang masa di negeri gingseng.

16. Asassination (2015)

Movieclips Indie

Berlatar pada tahun 1911 saat Korea masih dijajah Jepang menceritakan aksi spionase. Menceritakan perlawanan Yem Sek Jin untuk mencoba membunuh Jendral Gubernun Kang In Guk namun gagal. 12 tahun berlalu Yem Sek Jin menjadi ketua faksi kemerdakaan Korea namun dia juga menjadi agen mata-mata untuk Jepang. Aksi Sek Jin untuk memperjuangkan kemerdekaan Korea dan menjadi agen mata-mata Jepang sangat menarik untuk ditonton, layaknya film spionase alur cerita dipenuhi dengan intrik dan aksi baku hantam. Film ini mampu mendapatkan 10 juta penonton lebih selama penayanganya dan berhasil mengumpulkan keuntungan 90,9 Juta USD.

17. The Host (2006)

Shudder

Sutradara Bong Joon-Ho kembali sukses menggarap film terbaik Korea, The Host film dengan genre thriller ini menceritakan sebuah Monster yang muncul di Sungai Hai dan menyerang penduduk sekitar, termasuk keluarga Park Gang-Du (Song Kang-Ho). Tuan Park masih percaya bahwa putrinya yang tertangkap monster itu masih hidup, dan dia mencoba segala cara untuk mengembalikan sang putri. Ketegangan dan haru biru yang dimunculkan sejak awal film sukses membuat para penonton terbawa suasana, penggambaran perjuangan sang ayah yang menyelamatkan putrinya wajib kita acungi jempol. 

18. A Bittersweet Life (2005)

Genre Action Crime menjadi konsep yang diusung film A Bittersweet Film. Dibintangi aktor Lee Byung-Hun yang memerankan Kim Sun-Woo menjadi anak buah kepercayaan Mr. Kang yang merupakan bos organisasi kriminal. Sun Woo mendapatkan misi yang bisa dibilang ringan yaitu mengawasi Hee-Soo yang adalah kekasih Mr Kang, sang Bos merasa curiga dengan kekasihnya mengira bahwa Hee-Soo berselingkuh dibelakangnya. Yang tadinya hanya misi mudah bagi Sun-Woo ternyata malah membuat kehidupanya berubah.

19. A Moment to Remember (2004)

Film Drama Romance lawas ini menarik untuk kita simak, bermula dari kisah Su-Jin seorang gadis yang memilih kabur dari rumah demi mengejar cintanya pada suami orang yaitu Yeong-Min, namun sayang Yeong-Min memilih kembali pada istrinya dan meinggalkan Su-Jin dengan penuh kekecewaan. Akhirnya Su-Jin memutuskan untuk kembali ke rumah dan mendapat sambutan hangat dari ibu nya, pertemua Su-Jin dengan laki-laki tak dikenal menjadi titik balik hidup baru bagi Su-Jin. Lalu apakah Su-Jin akan berjodoh dengan laki-laki tersebut ? drama romance picisan dalam film ini sukses membuat para penontonya menguras emosi, buktikan saja. 

20. Ode to My Father (2014)

CJ ENTERTAINMENT

Film Ode to My Father sempat menduduki film terlaris ke 2 sepanjang masa di Korea mengangkat genre Drama film ini di sutradarai oleh Yoon-Je Kyon. Sebuah kisah flashback dialami dialami Deok Soo yang tua, dia mengingat masa lalunya saat muda ketika terjadi Perang Korea, demi membantu ibu dan adik-adiknya Deok Soo terpaksa pergi ke Jerman untuk bekerja sebagai penambang batubara. Tak hanya ke Jerman Deok Soo juga turun ke medan perang di Vietnam demi bayaran yang tinggi, film ini tak hanya membuat penontonya terharu tapi juga diselingi aksi kocak dari para pemeranya.

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *