20 Film Komedi Korea Terbaik Yang Sayang Di Lewatkan

film komedi korea

Film Komedi memang menjadi senjata yang ampuh untuk mengusir kegalauan dan rasa suntuk, tak terkecuali film-film komedi dari negeri Gingseng.

Banyak sekali fim komedi Korea yang berhasil tembus pasar Internasional dan berhasil meraup keuntungan ratusan milliar rupiah, nah buat kalian yang penasaran dengan film Komedi Korea kita bakal kasih 20 Film Komedi Korea yang wajib kamu tonton, check this out!

1. Extreme Job (2019)

Movieclips Indie

Berangkat dari kisah Captain Ko yang merupakan ketua tim detektif yang mendapatkan tugas untuk memata-matai markas peredaran narkoba. Extreme Job merupakan film dengan genre Comedy Action, terdiri dari 5 anggota detektif yang absurd. Captain Ko harus memutuskan apakah meneruskan misinya dalam memberantas kejahatan atau memilih menjalankan usaha ayam goreng yang ternyata laku keras. Unsur komedi dalam film ini sangat luar biasa, bisa kamu temukan sejak awal hingga akhir film baik dari celetukan hingga aksi dan tingkah laku para detektif tersebut dan bisa dibilang bahwa mereka benar-benar absurd. Namun jangan khawatir film ini tetap menampilkan sisi aksi kejar-kejaran dan baku hantam yang membuat para penonton terkejut dan terheran-heran. 

2. Miss Grany (2014)

Pacific Arts Movement

Setelah menonton film ini pasti kalian akan terbesit film “Sweet 20” yang dibintangi Tatjana Saphira, yap betul sekali film Sweet 20 merupakan adaptasi dari film Miss Granny. Memiliki kisah cerita yang sama persis dari awal hingga akhir bermula dari sang nenek bernama Oh Mal Soon yang tinggal bersama anak dan menantunya, ternyata sang nenek sering berselisih dengan menantunya Ae Ja. Suatu ketika Ae Ja sakit parah dan disarankan untuk tidak tinggal bersama mertuanya, melihat hal tersebut sang suami Hyun Chul malah memutuskan untuk mengirimkan sang ibu ke panti jompo untuk beberapa waktu. Sang Ibu Mal Soon menjadi sedih ketika tahu bahwa dia ditempatkan di panti jompo, mencoba menghibur diri Mal Soon mendatangi studio foto untuk membuat kenang-kenangan, tetapi keanehan terjadi dimana setelah dia berfoto sang nenek berubah menjadi gadis berumur 20 tahun. Dan perjalanan Mal Soon sebagai gadis 20 tahun pun dimulai.

3. Parasite (2019)

Madman Films

Salah satu film Korea terbaik lainya adalah Parasite, film yang disutradarai oleh Bong Joon-Ho mengusung genre comedy thriller. Berawal dari kisah keluarga yang pas-pasan tinggal disebuah apartemen yang kumuh, mencoba memperbaiki nasib keluarganya membawa Ki Taek bekerja pada sebuah keluarga kaya raya. Tak hanya sang bapak bahkan anak laki-laki, anak perempuan, dan istrinya bekerja ditempat yang sama tanpa diketahui pemilik rumah bahwa mereka adalah satu keluarga. Mengusung genre thriller alur cerita film ini sulit ditebak hingga dipenghujung film, sajian komedi dan drama dari para karakter berhasil membuat para penontonya tertawa dan terkejut disaat yang bersamaan. Film ini patut mendapat apresiasi yang luar biasa tak tanggung-tanggu film Parasite terpilih sebagai film terbaik dalam ajang Cannes Film Festival.

4. Miracle in Cell no 7 (2013)

MuvilaTrailer

Film dengan genre drama comedy ini dikategorikan sebagai film tersedih di Korea, hampir para penonton meneteskan air mata usai menonton film tersebut. Berawal dari kisah seorang ayah bernama Lee Yong Goo yang ternyata keterbelakangan mental, Lee terpaksa merasakan dinginya dibalik jeruji akibat kasus pembunuhan yang difitnahkan padanya. Keadaan tersebut membuat Lee berpisah dengan anak perempuan nya yaitu Ye Sung, di dalam penjara Lee mengalami intimidasi karena keterbelakangan mentalnya tapi pada akhirnya narapidan lain menjadi iba setelah mengatahui bahwa Lee merupakan orang yang baik dan jujur. Lee hanya memiliki 1 keinginan yaitu ingin berjumpa dengan Ye Sung kembali. Menceritkan kasih sayang seorang ayah kepada anaknya dan perjuanganya dibalik jeruji sukses membuat banjir air mata dari para penonton.

5. My Sassy Girl (2001)

My Sassy Girl merupakan film bergenre romantic comedy yang dibintangi oleh Jun Ji-Hyun dan Cha Tae-Hyun. Perjumpaan Chae Tae-Hyun dengan Jun Ji Hyun pada mulanya menjadi petaka, pertemuaan yang tidak sengaja di dalam kereta menjadi awal cerita ini. Jun yang dalam kondisi mabuk berat akhirnya pingsan dan sesaat sebelum pingsan Jun mengatakan kata sayang kepada Chae padahal mereka sebelumnya tidak saling kenal. Lantas para penumpang mengira mereka adalah sepasang kekasih dan menyuruh Chae untuk mengurus gadis tersebut, hingga akhirnya Chae membawa Jun ke motel untuk beristirahat. Aksi kocak dan hal-hal konyol mengiringi kisah cinta mereka dengan sifat egois dan manja dari Jun sukses membuat para movie lovers tertawa. 

6. All About My Wife (2012)

CJEntertainmentUSA

Salah satu drama romcom korea terbaik adalah All About My Wife garapan sutradara Min Kyu-Dong. Sepasang suami istri Doo Hyun dan Jung In telah menikah selama 7 tahun namun kehidupan rumah tangga yang mereka jalani tak seindah semasa pacaran, setelah menikah Dong Hyun menyadari bahwa sang istri ternayata selalu mengeluh dan super cerewet hingga menyebabkanya stres. Karena tak tahan Dong Hyun berniat menceraikan Jung In, tetapi setelah berfikir panjang dia mengurungkan niatnya. Dia memiliki strategi lain dengan menyewa seorang playboy bernama Sung Ki untuk merayu sang istri Jung In dengan harapan Jung In akan tergoda dan menceraikan Dong Hyun, penasaran dengan kelanjutanya ? apakah rencana tersebut berhasil ? yuk kita tonton bareng.

7. Welcome to  Dongmakgol (2005)

International Film Festival Rotterdam

Film Welcome to Dongmakgol pernah menjadi nominasi Best Foreign Language pada ajang Academy Awards 2006. Berlatar pada tahun 1950 saat terjadi Perang Korea, dimulai dengan pertemuan antara tentara Korea Utara dan Korea Selatan serta seorang Pilot Amerika di suatu Desa terpencil. Desa terpencil tersebut bernama Dongmakgol dimana para penduduknya masih primitif dan tidak menyadari bahwa saat ini sedang terjadi perang besar. Pertemuan tentara Korea Utara dan Korea Selatan tentu menyebabkan ketegangan di Desa tersebut, namun para penduduk Dongmakgol tidak peduli dengan hal tersebut malah menjadikan lelucuon. Dengan kegaduhan yang disebabkan para tentara menyebabkan makanan di Desa tersebut terancam habis dan mereka harus bertanggung jawab.

8. The Good, The Bad & The Weird (2008)

IFC Films

Film koboi tak hanya ditemukan di Hollywood, tapi di Korea juga ada film dengan tema aksi Koboi. Film ini sedikit terinspirasi dari maha karya Sergio Leone yaitu The Good, The Bad, The Ugly. Diperankan oleh aktor ternama Korea seperti Jung Woo Sung (The Good), Lee Byung-Hun “The Bad” dan Song Kang-Ho “The Weird”, bermula dari aksi pencurian peta harta karun milik jepang yang dibawa kereta api. Menyebabkan ke 3 tokoh tersebut saling kejar-kejaran, aksi saling adu tembak pun tak terlekan. Dan sinematografi khas film koboi pun tersaji dengan apik seperti padang tandus, kuda-kuda, dan bar membuat film ini sangat menarik.

9. Hello Ghost (2010)

Bermula dari kisah seorang pria yang sebatang kara yaitu Sang-Man yang mencoba untuk melakukan bunuh diri karena frustasi. Berulang kali dia mencoba melakukan bunuh diri tetapi selalu gagal, hingga akhirnya dia dilarikan ke rumah sakit akibat ovedosis. Sang-Man akhirnya terbangun dan menyadari dia masih hidup tetapi dia malah melihat sesosok pria yang sedang merokok didekatnya tetapi tak ada satupun yang mempercayainya dan ternyata Sang-Man bisa melihat hantu. Aksi kocak Sang-Man yang diikuti para hantu berhasil membuat para penonton, merasa jengkel dengan tingkah para hantu dan Sang-Man mencari tahu kenapa para hantu tersebut mengikutinya. Hingga akhirnya sebuah rahasia mengejutkan terungkap dan mengubah hidup Sang-Man.

10. Dancing Queen (2012)

CJEntertainmentUSA

Film yang dibintangi Uhm Jung Hwa dan Hwang Jung Min mengusung genre romcom dengan sentuhan sang sutradara Lee Seok-Hon. Mengkisahkan perjalan hidup Uhm yang telah menikah dengan Hwang namun Uhm masih menyimpan mimpinya untuk menjadi penyanyi terkenal. Ketika Hwang menunggu kereta di stasiun dia melihat seorang pria terjatuh di rel beberapa detik sebelum kereta melintas, dengan cekatan dan aksi yang heroik Hwang mampu menyelamatkan pria tersebut. Berkat aksi tersebut Hwang menjadi terkenal dan mendapat pujian hingga dia dijagokan untuk turun menjadi calon walikota Seoul, Hwang dan keluarganya menjadi tenar kesempatan emas pun datang kepada Uhm untuk mewujudkan mimpinya sebagai penyanyi.

11. A Millionaire First Love (2006)

Menceritakan kisah Jae Kyung (Hyun-Bin) yang adalah cucu dari Miliarder Korea, Jae Kyung memiliki sifat arogan, sombong dan suka menghamburkan uang. Tak lama sang Kakek meninggal dunia dan meninggalkan sepucuk surat wasiat, dalam surat tersebut dikatakan bahwa Jae Kyung dapat menjadi sang ahli waris dengan syarat dia mau menyelesaikan studi SMA nya di daerah terpencil. Tak perlu pikir panjang Jae Kyung langsung pergi ke daerah terpencil tersebut. Terbiasa dengan kemewahan membuat Jae Kyung kesulitan ketika awal-awal hidup di pedesaan, hingga suatu ketika Jae Kyung terpesona dengan kecantikan kembang desa Eun-Hwan (Lee Yeon-Hee). Bukan hal sulit bagi Jae Kyung untuk menaklukan sang kembang desa akan tetapi permasalahan muncul ketika Jae Kyung mengetahui bahwa Eun-Hwa mengidap penyakit jantung dan hidupnya tak lama lagi.

12. Jeon Woochi : The Taoist Wizard (2009)

Film yang disutradarai oleh Choi Dong-Hoon mengengkat genre Comedy Fantasy dengan kisah seorang penyihir nakal bernama Woochi (Gang Dong-won) yang hidup pada era Dinasti Joseon. Karena ulahnya dia dituduh membunuh masternya dan dihukum dengan mengurungnya disebuah lukisan oleh ke 3 penyihir. Akhirnya Woochi dibebaskan setelah 500 tahun terkurung di sebuah lukisan oleh ke 3 penyihir tersebut dengan misi untuk menangkap para goblin yang berkeliaran, Woochi tetaplah Woochi dia masa bodoh dengan misi tersebut dan malah dia menikmati gemerlap dunia modern yang sangat berbeda dengan era nya hingga dia jatuh cinta pada seorang gadis yang mirip dengan wanita yang dia sukai pada jaman dahulu.

13. Hot Young Bloods (2014)

PurplePlanSG

Berlatar pada tahun 1982 film Hot Young Bloods mengusung genre romcom remaja yang mengisahkan cinta, persaingan, dan persahabatan. Kisah Young Sook (Park Bo Young) yang adalah ketua geng cewek di SMA nya, dia terkenal dengan mulut kasarnya dan hobi mencari keributan. Dia jatuh cinta dengan playboy di sekolahnya yaitu Jong-Il. Kemunculan siswa baru So-Hee yang cantik dan imut membuat Jong-Il tertarik dan jiwa playboynya bergejolak, setiap hari Jong-Il merayu dan menggoda So-Hee sampai membuat sang ketua geng cemburu. Mulailah Young Sook mencari gara-gara dengan So-Hee supaya So-Hee tidak betah. Aksi kocak dari pemeranya serta drama percintaany yang menyelimuti mereka membuat film ini asik untuk ditonton dan sesekali mengocok perut.

14. Baby and I (2008)

AsianCrush

Bagaimana jadinya jika seorang anak SMA yang bandel harus merawat bayi. Aksi kocak penuh drama yang dimainkan Jang Keun-Suk wajib untuk kamu tonton. Joon Soo (Keun-Suk) merupakan anak SMA yang bandel dan kurang ajar hingga membuat orang tuanya stres. Karena sudah tidak sanggup mengurus Joon Soo orang tuanya meninggalkanya sendiri, alih-alih bersedih Joon Soo malah membuat pesta bersama teman-temanya di rumah. Suatu ketika saat Joon-Soo berbelanja dia mendapati seorang Bayi yang tergeletak di trolinya dan terdapat catatan bahwa Joon Soo adalah Ayah dari bayi itu. Joon Soo kaget setengah mati dan tak percaya namun karena kasihan dengan sang bayi Joon Soo memutuskan untuk merawatnya.

15. Twenty (2015)

CJEntertainmentUSA

Film tentang persahabatan remaja tak lepas dari percintaan dan kelakuan lucu dan absurd, salah satunya adalah film Twenty. 3 Orang cowo yang bersahabat sejak SMA memulai kehidupan barunya ketika menginjak usia 20. Chi-Ho, Gyung-Jae, dan Dong Woo memulai perjalanan hidup dengan berbeda-beda Dong-Woo harus membanting tulang untuk keluarga mengingat usaha yang dijalankan keluarganya bangkrut setelah ayahnya meninggal. Lain halnya Gyung Jae yang hidup normal sebagai mahasiswa dan mencari cinta sejatinya. Kekonyolan ketika mereka remaja sangat menarik untuk kita tonton mulai dari banyolan hingga kelakuan absurd.

16. Love Forecast (2015)

CJ ENTERTAINMENT

Menceritakan kisah Joon Soo (Lee Seung-Gi) yang berprofesi sebagai guru dengan sikap yang santun, baik, dan ramah bersahabat dengan Hyun Woo (Moon Chae Woon) yang aktif sebagai pembaca berita cuaca. Kedua nya menelan pil pahit jika berhubungan dengan asmara Joon Soo selalu gagal dan sering dimanfaatkan oleh para wanita, sedangkan Hyun Woo harus mengakhiri kisah cintanya dengan seorang sutreadara yang telah memiliki istri dan anak. Bersahabat sejak lama tentu bukan berarti Joon Soo tak ada perasaan kepada Hyun Woo dia diam-diam mengagumi Hyun Woo, lalu apakah Joon Soo berhasil merebut hati sahabatnya tersebut ?

17. Sex is Zero (2002)

Jika Hollywood punya American Pie, maka di Korea ada film serupa dengan judul Sex is Zero. Komedi sarkas, vulgar, hingga seks tersaji dengan apik dalam film ini, memang film ini baru boleh ditonton untuk 17+. Mengangkat pergaulan anak kuliahan yang bisa dibilang absurd dan penuh kekonyolan, Eun Sik mahasiswa hukum yang jorok dan cabul ini jatuh hati dengan gadis primadona di kampus nya yaitu Eun Hyo. Eun Sik sadar bahwa dia tidak mungkin mendapatkan sang gadis terlebih Eun Hyo sudah memiliki kekasih. Hingga suatu ketika Eun Hyo hamil dan semua kekacauan dimulai, apakah Eun Sik masih berharap mendapatkan cinta Eun Hyo, mari kita tonton.

18. Spellbound (2011)

Perjalanan cinta Yeo-Ri dan Joo Go harus melewati kejadian unik, lucu, hingga tak masuk akal. Joo Go merupakan seorang pesulap sedangkan Yeo-Ri adalah gadis cantik yang memiliki kemampuan untuk melihat hantu. Joo Go sadar sang pacarnya memiliki kemampuan unik tersebut tetapi malah membuat dia menjadi tak tenang dan ketakutan, ketika mereka selalu bersama ada saja para hantu yang mendekat. Tingkah usil para hantu yang menggangu pasangan sejoli ini sukses membuat penontonya terpingkal-pingkal.

19. Sunny (2011)

Kenakalan dan percintaan remaja selalu jadi tema yang menarik untuk diangkat ke layar lebar. Film Sunny berlatar pada tahun 1980-an bermula dari kisah cewe bernama Na-Mi yang merupakan siswa pindahan mendapatkan ejekan dan bullyan dari teman kelasnya karena dia berasal dari kampung. Untung saja Na-Mi menemukan para teman yang baik yang mau menerimanya dan memasukanya ke dalam grup yang bernama “Sunny”, sayangnya persahabatan mereka tak berlangsung lama hingga suatu ketika menyebabkan mereka terpisah selama 25 tahun. 

20. A Man Who Was Superman (2008)

EsraU

Ketika Soo-Jung mengalami perampokan seseorang yang berpakaian seperti superman datang menyelamatkanya. Soo-Jung yang rupanya adalah sineas dia mencoba mengangkat kisah sang superman ke dalam film dokumenter. Perjalanan Soo-Jung dalam membuat film dokumenter sang supermen berhasil menghibur para penontonya lewat candaan dan tingkah kocaknya, terlebih film ini membawa pesan moral tentang membalas kebaikan seseorang.

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *