Profil & Biodata Erick Thohir

Salah satu pengusaha asli Indonesia yang berhasil mengembangkan bisnisnya hingga ke luar negeri adalah Erick Thohir. Penasaran dengan perjalanan hidup Erick Thohir dan pencapaian hidupnya hingga saat ini, yuk kita bahas lengkap profil dan biodata Erick Thohir dari dia muda sampai sekarang.

Biodata Erick Thohir

Nama LengkapErick Thohir
Nama PanggilanErick
Tempat / Tgl LahirJakarta / 30 Mei 1970
PasanganElizabeth Tjandra
AnakMahatma Arfala Thohir
Mahendra Agakhan Thohir
Makayla Amadia Thohir
Magisha Afryea Thohir
Orang TuaH. Mohammad Teddy Thohir (Ayah)
Edna Thohir (Ibu)
ProfesiPengusaha

Profil Erick Thohir

Nama Erick Thohir mulai terdengar secara luas dimasyarakat sejak dia mengakuisisi kepemilikan klub sepak bola yang sangat terkenal dari Italia yaitu F.C Internazionale Milano (Inter Milan), berita ini cukup menghebohkan khususnya bagi pecinta sepak bola indonesia. Tak hanya Inter Milan, ternyata Erick Thohir juga tercatat sebagai pemilik D.C United yang merupakan tim sepak bola yang berasal dari United States dan juga sempat menjadi pemilik klub bola basket NBA Philadelpia 76 ers.

Kesuksesan Erick Thohir sebagai pengusaha berkat keuletan dan kerja kerasa yang dia pelajari dari sang Ayah yaitu Teddy Thohir. Perlu kita ketahui bahwa sang ayah bukanlah terlahir dari keluarga konglomerat melainkan dari sebuah keluarga kecil di daerah lampung yang hidup sederhana. 

Sebelum terkenal dengan bisnis dibidang Olahraga, Bung Erick Thohir lebih dahulu sukses mengembangkan bisnisnya didunia hiburan & entertainment seperti media cetak dan radio. Ditahun 2018 Erick Thohir dipercayai memegang peran penting pada perhelatan Asian Games 2018 di Indonesia, berkat kecemerlangan dan keberhasilanya di Asian Games Erick Thohir ditunjuk untuk menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional pasangan presiden calon presiden Joko Widodo – K.H Ma’ruf Amin. Penasaran kan dengan bisnis yang digeluti Erick Thohir apa saja dan pencapaian nya hingga saat ini, yuk tanpa basa basi lagi kita ulas secara mendalam tentang Erick Thohir.

1. Perjalanan Hidup

Lahir dari pasangan suami istri pengusaha Teddy Thohir (Ayah) dan Edna Thohir (Ibu), Erick Thohir merupakan anak bungsu dia memiliki 1 saudara laki-laki dan 1 saudara perempuan. Kakak tertua merupakan Hireka Vitaya atau yang dikenal sebagai Rika Thohir, dan Kakak Kedua adalah Gibaraldi Thohir atau lebih dikenal Boy Thohir yang memiliki bisnis dibidang pertambangan batubara dengan perusahaanya yaitu PT. Adaro.

Menjadi pebisnis mungkin sudah menjadi garis takdir keluarga ini dimana sang ayah Teddy Thohir merupakan pemilik Grup Astra International dengan William Soeryadjaya, sedangkan Erick Thohir membangan imperium Grup Mahakan yang merupakan induk perusahaan yang bergerak dibidang Media & Entertainment.

2. Pendidikan 

Menjadi pebisnis handal tak hanya dia pelajari dari sang ayah, namun juga dia pelajari ketika dia melanjutkan pendidikanya di luar negeri. Tercatat Erick Thohir pernah menjadi mahasiswa Glendale University di California, United States dan sukses memperoleh gelar Bachelor of Arts.

Merasa belum puas Erick Thohir melanjutkan pendidikanya di bidang master pada California State University dan berhasil merengkuh gelar Master of Business Administration (M.BA) pada tahun 1993. Melihat pendidikanya yang mentereng, tak khayal apabila Erick Thohir mencapai kesuksesan yang luar biasa di usia muda tentunya berkat bimbingan sang ayah.

3. Keluarga dan Relasi

Menjadi keluarga kaya raya sudah pasti mebuat keluarga Erick Thohir sulit diekspose dan sangat jauh dari pemberitan di media, namun ada beberapa informasi yang dapat kita ulas terkait istri dan anak-anak Erick Thohir. 

Erick Thohir menikahi wanita berparas cantik yaitu Elizabeth Tjandra dan memiliki 4 orang anak yaitu Mahatma Arfala Thohir, Mahendra Agakhan Thohir, Makayla Amadia Thohir, dan Magisha Afryea Thohir. Erick Thohir memiliki hubungan yang sangat dekat dengan mantan wakil gubernar DKI Jakarta yaitu Sandiaga Uno, tercatat mereka telah berteman sejak SD, SMP, dan SMA dan juga sama-sama melanjutkan pendidikan nya ke luar negeri tetapi mengambil kampus yang berbeda.

4. Perjalan Karir 

Bisnis Media dan Hiburan

Selepas menyelesaikan pendidikanya di Amerika Serikat pada tahun 1993, Erick Thohir kembali ke Indonesia dan mendirikan Imperium Mahaka Grup. Erick Thohir membangun Imperium Grup tak hanya sendiri dia memulai bisnis ini dengan ke 4 rekan nya yaitu Muhammad Luthfi, Wisnu Wardhana, dan Harry Zulnardy. Langkah awal dia mulai dengan membeli perusahaan Republika pada tahun 2001 yang sedang mengalami krisis keuangan, berkat tangan handal Erick dan teman-temanya perusahaan ini kembali bangkit dan mengangkat Erick Thohir sebagai Presiden Direktur Republika hingga Juni 2008, dan menjabat sebagai Komisaris Utama sejak 2010.

Mahaka Grup melakukan ekspansi besar-besaran setelah sukses dengan Republika, pada tahun 2002 Mahaka Grup mendirikan Mahaka Advertising yang merupakan perusahaan media pengiklanan. Saat itu memang Mahaka Grup terfokus pada bisnis media dan entertainment yang targetnya merupakan masyarakat perkotaan. Seiring kemajuan jaman dan teknologi Mahaka Grup meluncurkan stasiun televisi yaitu Jak Tv yang mulanya dibuat khusus untuk warga Jakarta dan sekitarnya, demi menjaga eksistensi nya dibidang media & hiburan Mahaka Grup meresmikan radio 98.7 Gen FM dan 101 Jak FM serta memperkenalkan PT Radionet Cipta Karya yang meliputi Prambors FM, Delta FM, dan FeMale Radio.

Secara pribadi Erick Thohir bekerja sama dengan pengusaha muda Anindya Bakrie untuk mendirikan stasiun televisi Tv One dan situs berita Viva News di 2008, dan tercatat Erick Thohir menjabat Direktur Utama AnTV sejak 2014 hingga saat ini.

Olaharaga

Nama Erick Thohir mulai mencuat kepermukaan semenjak dia membeli saham klub sepak bola Italia F.C Internazionale di tahun 2013. Tak tanggung-tanggung saham sebesar 70% diakuisisi oleh Erick Thohir dari bos Inter Milan sebelumnya yaitu Massimo Moratti dan resmi mencatatatkan dirinya menjadi Presiden F.C Internazionale Milano hingga 2018. Sontak membuat para warga khususnya fans sepak bola terkejut dengan pemberitaan tersebut, dengan terpilihnya Erick Thohir menjadi Presiden F.C Internazionale banyak yang berharap Erick mampu membuat perubahan besar pada pesepakbolaan tanah air.

Namun kepemilikan Inter Milan ditangan Erick Thohir tak berlangsung lama, pada tahun 2018 Erick melepas sahamnya sebesar 31% kepada perusahaan China yaitu Suning Holding Group. Saham yang dijual oleh Erick dia gunakan untuk membeli saham di Oxford United pada Oktober 2018. Ditahun 2019 Erick kembali menjual saham kepemilikanya kepada perusahaan besar asal hongkong sebesar 30% apabila dikalkulasi saham 30% senilai dengan 2,4 T. Setelah Erick melepas saham kepemilikanya sebesar 61% maka kepemilikan F.C Internazionale Milano berganti kepada pengusaha asal China yaitu Steven Zhang ditahun 2018.

Tidak hanya F.C Internazionale Milano, pada tahun 2012 Erick dikabarkan membeli saham klub sepak bola asal negeri paman sam yaitu D.C United klub ini memiliki basis di Washington D.C. Saham kepemilikan D.C United dia beli dari William HC Chang, beberapa atlit sepak bola indonesia pernah Erick boyong ke D.C United yang salah satunya adalah Syamsir Alam. Di Indonesia Erick juga tercatat sebagai pemegang saham klub sepak bola Persib Bandung bersama 5 orang lainya yaitu Kuswara Taryono, Umuh Muchtar, Iwan Dermawan, Zainuri Hasyim, dan Yoyo Adisureja yang tergabung dalam PT Persib Bandung.

Selain sepak bola Erick juga merambah jagat bola basket dunia bersama 5 pebisnis internasional mereka membeli saham klub basket Philadelphia 76ers yang terletak di Pennsylvania dengan total saham 100%. Erick merambah dunia bola basket bukan hanya demi pundi-pundi rupiah melainkan Erick memang memiliki hobi bermain basket semasa muda, kecintaanya pada dunia bola basket dia tunjukan dengan sebagai Ketua Umum Persatuab Bola Basket Indonesia (PERBASI) periode 2006 – 2010, dan disaat yang bersamaan Erick juga ditunjuk sebagai Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA) periode 2006 – Sekarang. Sejak 2015 Erick Thohir juga menjadi Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang berfungsi untuk membantu Indonesia dalam keikutsertaan pada pentas olahraga internasional seperti Olimpiade, Asian Games, Sea Games dan lainya.

Ketua INASGOC

Hasil rapat Olympic Council of Asia Meeting di Incheon, Korea Selatan menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Dengan cepat pemerintah membentuk panitia yang bertanggung jawab dengan pentas olahraga terbesar se Asia tersebut yaitu INASGOC (Indonesia Asian Games 2018 Organizing Comitte). Membutuhkan orang yang berpengalaman pada bidang tersebut secara resmi pada tahun 2015 Presiden RI H. Joko Widodo menunjuk Erick Thohir untuk menjadi ketua INASGOC 2018, Erick mengemban tugas untuk mensukseskan dan menjamin semua atlit dan kegiatan berjalan lancar yang rencana nya Asian Games 2018 akan dilaksanakan di 2 kota yaitu Jakarta, dan Palembang.

Terbukti dengan terpilihnya Erick sebagai Ketua Panitia Asian Games 2018 berjalan dengan baik dan lancar, pujian dituai dari para negara yang menjadi peserta Asian Games 2018 baik dari segi pelayanan, infrastruktur, dan terjaminya para atlit menjadi catatan positif buat INASGOC. Acara pembukaan yang spektakuler juga mendapat reaksi yang positif dari warga Indonesia dengan terjual habis seluruh tiket sejumlah 40 ribu, artis pengisi pembukaan Asian Games 2018 tak hanya dari Indonesia bahkan mengundang grup Boyband asal Korea Selatan yaitu Super Junior. 

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN)

Kepiawaan Erick dalam mengorganisir kepanitiaan nampaknya membuat Presiden Joko Widodo terkesima, demi menjamin kemenangan nya pada pemilu 2019 Presiden Joko Widodo yang berpasangan dengan K.H Ma’ruf Amin menunjuk Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN). Pada perhelatan Pemilu 2019 Erick harus menghadapi sahabat nya yaitu Sandiaga Uno yang terpilih sebagai Calon Wakil Presiden yang berpasangan dengan Prabowo Subianto.

Torehan positi kembali diraih Erick Thohir dimana hasil pemilu 2019 menetapkan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 terpilih adalah pasangan Joko Widodo – K.H Ma’’ruf Amin, kepiawan Erick memang terbukti bagus, selain itu Erick terlihat enerjik, dan muda sehingga target pemilih milenial tak sulit untuk TKN dapatkan. Kabar berhembus Erick Thohir digadang-gadang akan mengisi posisi mentri dibawah kepemimpinan Presiden Joko-Widodo dan Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin. 

Foto finroll.com

Kategori Tokoh

Tinggalkan komentar