Profil & Biodata Blackpink

profil & biodata blackpink

Girl band yang baru saja genap 3 tahun bisa dikatakan sebagai salah satu girl band tersukses, dalam naungan label YG Entertainment Blackpink mampu menyedot perhatian tak hanya di Korea tetapi seluruh dunia. Terdiri dari 4 orang yaitu Jenie, Lisa, Rose, dan JiSoo Blackpink berhasil membuat K-POP diterima diseluruh belahan dunia.

Bagi kalian para BLINK yuk kita simak fakta menarik seputar anggota Blackpink dari debut hingga bisa sukses seperti sekarang.

Biodata Blackpink

Nama GrupBLACKPINK
LabelYG Entertainment
Debut8 Agustus 2016
NegaraKorea Selatan
AnggotaLisa, Jenie, Ji Soo, dan Rose
GenreK-Pop, EDM
Fan clubBLINK

Profil Blackpink

Kemunculan Blackpink menggantikan seniornya yang terlebih dahulu bubar yaitu Girl band 2NE1. Mengguncang jagat dunia K-POP dengan single Bombayah Blackpink berhasil menyita perhatian para penggemar K-POP, dengan membawa konsep dan jenis musik yang berbeda dengan girl band lainya Blackpink dinobatkan sebagai girl band dengan debut video musik yang paling banyak ditonton.

Memulai debut dengan mini album Square One dengan judul lagu Bombayah dan Whistle berhasil membuat Blackpink meraih penghargaan New Artist of the Year pada 31st Golden Disc Awards dan 26th Seoul Music Award. Beranggotakan Jenie, Rose, Lisa, dan Jisoo yang memiliki paras cantik dan penampilan yang mempesona membuat Blackipink dalam waktu singkat mendapatkan banyak fans.

Berbagai rekor berhasil dipecahkan Blacpink dalam jagat industri musik antara lain menjadi girl band K-Pop pertama yang memiliki 4 lagu di chart Billboard World Digital Song Sales, dan juga menjadi grup idola K-Pop perempuan pertama yang sukses menduduki Emerging Artist Billboard. Dan lagu “Ddu-Ddu-Ddu” berhasil memecahkan rekor sebagai video musik korea yang paling banyak ditonton dalam 24 jam yang mencapai 60 juta views di Youtube, yang akhirnya berhasil dilewati oleh BTS dengan lagunya Idol.

Berikut ulasan singkat Profil grup idol Blackpink, masih banyak informasi  yang bakal kita kasih terkhusus tentang member Blackpink yaitu Jenie, Lisa, Rose, dan Jisoo. Bagi kamu para BLINK jangan kemana-mana ya tetep pantau idola kalian di Profil dan Biodata Blackpink.

Member Blackpink

Jisoo

Anggota pertama yang kita ulas adalah Jisoo yang memiliki nama panjang Kim-Jisoo, lahir di Korea Selatan pada 3 Januari 1995 membuat Jisoo menjadi member tertua di Blackpink dengan usia 24 tahun.  Dalam girl band Blackpink Jisoo menempati posisi Visual utama dan Vokal karena memiliki paras paling canti dan suara yang merdu. 

Jisoo memulai karir nya menjadi idol saat mendaftarkan diri sebagai Trainee di YG Entertainment saat berusia 16 tahun di tahun 2011. Selama menjadi Trainee Jisoo berlatih vokal dan dance dengan keras, bisa dikatakan masa – masa sulit seorang Idol adalah ketika menjadi Trainee. Sebelum menjadi Trainee Jisoo sempat bersekolah di Sekolah Tinggi Seni Pertunjukan hingga akhirnya keluarganya memutuskan pindah ke Seoul.

Sebelum memulai debut dengan Blackpink beberapa kali Jisoo muncul dalam iklan komersial antara lain Samsonite RED bersama aktor tampan Lee Min ho, dan dengan boy band IKON dalam iklan Smart Uniform. Selain iklan Jisoo juga membintangi video musik salah satunya boy band High Epik dalam single “Happen Ending” dan Hi Suhyun pada lagu berjudul “I’m Different”.

Akhirnya Jisoo resmi debut bersama 3 member Blacpink lainya dengan Album Square One dan hits single Bombayah pada 8 Agustus 2016. Jisoo juga beberapa kali menjadi MC dalam berbagai acara musik di Korea Selatan.

Jenie

Kim Jenie merupakan member Blackpink yang berasal dari Korea Selatan yang lahir pada 16 Januari 1996 dan saat ini berusia 23. Meskipun lahir di Korea Selatan tetapi Jenie pernah bersekolah di Belanda dan pindah ke ACG Parnell College yang berlokasi di Selandia Baru. Jenie ditempatkan sebagai rapper, lead vokal, dan centre dalam girl band Blackpink. Jenie memiliki suara yang unik sehingga mudah dikenali oleh para fans nya.

Jenie bergabung dengan YG Entertainment sejak Agustus 2010, Jenie membtuhkan waktu hingga 6 tahun hingga bise debut bersama Blackpink. Sebelum resmi tampil bersama Lisa, Jisoo, dan Rose, Kim Jenie terlebih dahulu menjadi model video klip dari member boy band Bigbang yang merupakan seniornya di YG Entertainment. 

Kim Jenie muncul dalam video klip dari artis G Dragon dengan lagu yang berjudul “That XX” dan juga pernah menjadi bintang video klip pada lagu “GG Be” milik Seungri. Jenie juga pernah satu panggung dengan G Dragon membawakan lagu “Black” dalam acara Inkigayo.

Bisa dibilang Jenie memiliki fan base yang paling banyak dengan karakter suara yang khas dan memiliki wajah yang imut berhasil membuat para fanboy nya terpesona. Jenie merupakan anggota Blackpink pertama yang memiliki solo karir, pada tahun 2018 Jenie meluncurkan single pertamanya yang berjudul “Solo” yang berhasil membuktikan bahwa Jenie memang idol serba bisa.

LiSa

Lisa merupakan member Blackpink yang berasal dari luar Korea Selatan, ido yang memiliki nama lengkap Lalisa Manoban lahir di Bangkok pada 27 Maret 1997. Lisa menjadi member tertinggi di grup Blackpink dengan ketinggian mencapai 167 cm. Lisa memiliki bakat dibidang dance sehingga dia mengisi posisi Main Dance dalam Blackpink.

YG Entertainment menemukan Lisa saat melakukan audisi YG Audition di Thailand pada tahun 2010, menunjukan bakat nya dalam hal menari membuat YG langsung mengkontraknya menjadi Trainee, Lisa mendapatkan pelatihan menjadi Idol selama 5 tahun 3 bulan hingga akhirnya dia resmi debut dengan member Blackpink lainya. Lisa merupakan member ke 2 Blackpink yang diumumkan secara resmi oleh YG setelah Jenie.

Lisa telah mengasah kemampuan menarinya sejak tergabung dalam grup dance We Zaa Cool Dance Group dengan BamBam personil GOT7. Tak hanya menguasai tarian hip-hip lisa juga pandai memwakan tarian tradisional dan juga shuffle dance. 

Sebelum debut Lisa juga pernah diajak membintangi video klip lagu yang berjudulu Linga Ringa milik Taeyang yang juga dibawah naungan YG Entertainment, dan juga Lisa pernah terlibat menjadi model iklan antara lain iklan NONA9ON yang merupakan produk fashion milik YG. Saat ini Lisa sedang mempersiapkan debut karir solo nya yang diperkirakan akan release pada tahun 2019.

Rose

Terkenal dengan nama panggung Rose ternyata memiliki nama asli Park Chaeyoung atau Roseanne Park. Lahir di Selandia Baru pada 11 Februari 1997, meskipun lahir di luar Korea Selatan dan besar di Melbourne, Australia Rose tetap dianggap berasal dari Korea Selatan.

Rose terkenal memiliki suara yang unik dan tinggi sehingga YG menempatkan Rose dalam posisi main vocal, dalam beberapa part lagu Blackpink yang harus mengambil nada tinggi maka suara tersebut akan diisi oleh Rose.

Rose memulai perjalan sebagai idol saat mengikuti YG Audition di Australia pada 2012, Rose berhasil menjadi juara dalam komptisi tersebut dan membuatnya langsung dikontrak menjadi Trainee di Blackpink pada tahun 2012, Rose membutuhkan waktu 4 tahun hingga bisa debut bersama Blackpink, ini merupakan masa Trainee tercepat dibanding 3 member lainya.

Memiliki suara yang unik dan khas membuat Rose mendapat banyak pujian dari sesama penyanyi Korea Selatan, bahkan seorang IU tak segan – segan untuk mengajak Rose berduet bersama. Penyanyi lainya yang juga berminat untuk duet dengan Rose adalah Hip Hop, dan Zion T. Rose juga pandai memainkan alat musik gitar dan piano.

Debut Blackpink

Blackpink merupakan girl band ke 2 yang diluncurkan oleh YG Entertainment yang sebelumnya pada tahun 2010 memperkenalkan 2NE1. Blackpink resmi meluncurkan mini album pertama yaitu Square One dengan 2 hits yaitu Bombayah dan Whistle. Secara resmi Blackpink tampil di atas panggung pada 14 Agustus 2016 pada acara musik SBS Inkgayo.

Mengusung musik K-Pop dengan sentuhan EDM membuat Blackpink menarik banyak perhatian tak hanya di Korea Selatan tetapi juga hampir diseluruh belahan dunia. Terbukti Blackpink mejadi idol grup K-Pop perempuan pertama yang sukses memuncaki tangga lagu Billboard’s World Digital Song, dan video klip Bombayah telah ditonton lebih dari 100 juta penonton hanya dalam waktu 5 bulan.

November 2016 Blackpink kembali meluncurkan mini album ke 2 mereka yang berjudul Square Two yang terdiri dari lagu Playing With Fire dan Stay, lagu Stay sedikit berbeda dengan lagu – lagu Blackpink sebelumnya karena lagu Stay memiliki alunan melodi yang slow dan diiringi gitar akustik.

Vakum hampir lebih dari 6 bulan Blackpink kembali menggebrak dengan single mereka yang berjudul As If It’s Your Last, release nya lagu tersebut seakan menghapus dahaga para BLINK yang telah merindukan penampilan Blackpink. Hanya dalam 24 Jam video musik As If It’s Your Last berhasil mendapatkan penonton sebanyak 13,3 juta yang menjadi rekor pada waktu tersebut.

Puncak Karir

Blackpink terbilang salah satu girl band yang membutuhkan waktu cukup lama untuk kembali comeback ke atas panggung, akhirnya di tahun 2018 YG Entertainment mengumumkan bahwa Blackpink akan comeback pada pertengahan 2018 dengan album baru. Pada 15 Juni 2018 Blackpink resmi mengeluarkan album terbaru mereka yang berjudul Square Up.

Lagu Ddu du Ddu du yang menjadi title track dalam album tersebut berhasil menyembuhkan rasa rindu para fansnya yang telah menunggu hampir 1 tahun sampai Blackpink merelease lagu lagi. Lagu Ddu du Ddu du sukses mendapatkan 30 juta penonton hanya dalam 24 jam dan juga berhasil memecahkan rekor – rekor lagu sebelumnya.

Kesuksesan kembali diraih Blackpink setelah merelease album terbarunya, album yang berjudul Square Up ini berhasil memuncaki Billboard AS dan menjadi yang pertama dari girl band K-Pop. Prestasi dalam negeri juga diraih dengan menjadi no 1 dalam Gaon Albums Chart, serta lagu Ddu du Ddu Ddu menjadi lagu no 1 di Gaon. Tak hanya Ddu du Ddu du lagu lain yang berjudul Forever Young juga menempati posisi 5 besar. Pada April 2019 ini Blackpink kembali muncul dengan mengeluarkan lagu terbarunya yang berjudul Kill This Love, dan Don’t Know What to Do.

Reader Interactions

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *