Profil & Biodata BTS

Boy band asal Korea Selatan BTS (Bangtan Sonyeondan) atau dikenal sebagai Bantan Boys saat ini didaulat menjadi idol grup paling sukses se Korea Selatan. Berbagai capaian dan torehan rekor berhasil dipecahkan oleh idol grup yang terkenal dengan lagu “DNA”.

Penasaran dengan apa saja yang telah mereka raih sejak debut dan fakta menarik dari masing-masing anggota, yuk kita simak ulasan di bawah berikut.

Biodata BTS

Nama GrupBangatan Sonyeondan atau BTS
Debut12 Juni 2013
LabelBig Hit Entertainment
GenreK-Pop, EDM, Hip-Hop
AnggotaJin
Suga
J-Hope
Jungkook
Jimin
RM
V
Fan ClubARMY

Profil BTS

Memulai debut di tahun 2013 dengan mengeluarkan album 2 Cool 4 Skool berhasil membuat BTS menarik banyak perhatian penggemar K-Pop tak perlu waktu lama berbagai penghargaan berhasil diraih seperti album terbaik ditahun tersebut. Terdiri dari 7 anggota yang memiliki bakat dan pesonanya masing-masing, label Big Hit Entertainment menunjuk RM (Rap Monster) sebagai Leader di BTS.

Setidaknya grup idol BTS telah menelurkan 6 buah album dan 11 album kompilasi, tahun 2017 hingga 2019 menjadi puncak kesuksesan BTS. Tak hanya terkenal di dalam negeri BTS berhasil melebarkan sayapnya keseluruh dunia terbukti dunia musik internasional mengakui eksistensi BTS dengan berbagai torehan prestasi bahkan PBB sempat mengundang idol grup tersebut yang menjadi duta UNICEF.

Memiliki basis fans terbesar di dunia menjadi salah satu faktor yang menunjang kesuksesan BTS baik di dunia maya maupun di dunia nyata, berhasil menjaul jutaan copy album dalam sekejap, BTS juga memegang rekor untuk video klip dengan views terbanyak selama 24 jam yaitu sebesar 60jt views untuk lagu “Idol”.

Musisi internasional juga tidak segan-segan untuk berkolaborasi dengan BTS, tercatat musisi sekelas Nicki Minaj, Zara Larson, Steve Aoki, Halsey, dan Charlie XCX telah mengeluarkan single duet mereka. Di penguhujung tahun 2019 BTS memutuskan untuk rehat sejenak setelah bekerja keras dan melakukan tur dunia, perjalanan konser mereka juga dibuat dalam bentuk film discography yang ditayangkan di bioskop. 

Masih banyak lagi hal-hal menarik dan fakta tersembunyi dari para member BTS, penasaran dengan mereka ? jangan kemana-mana scroll trus kebawah ya di Profil dan Biodata BTS.

Profil Member BTS

RM (Rap Monster)

Memiliki nama asli Kim Nam-joon, RM lahir pada 12 September 1994 di Ilsan, Korea Selatan. RM sendiri dipilih menjadi leader idol grup BTS karena menjadi member pertama dan paling lama berkarir di Big Hit Entertainment. RM sendiri mengisi posisi Main Rapper dan penulis lagu untuk BTS, RM juga sangat fasih dalam berbahasa inggris.

RM bergabung dengan Big Hit Entertainment sejak 2010, sebelum bergabung Rap Monster dulunya adalah rapper underground dia pernah menjadi member dalam grup hip-hop Daenamhyum. Rap Monster juga pernah berkolaborasi dengan personal Block B yaitu Zico. Karena memiliki bakat dan potensi yang luar biasa akhirnya Big Hit Entertainment memutuskan merekrut RM untuk membuat grup Hip-Hop.

Fakta menarik dari RM adalah dia merupaka idol dengan IQ yang sangat tinggi yaitu 149, menjadi leader BTS karena RM juga ditunjang dengan kemampuan bahasa inggris yang luar biasa yaitu dengan skor TOEIC mencapai 900. Pantas saja mudah bagi RM untuk berpidato dalam bahasa inggris dan berbagai interview saat tur dunia.

RM menjalani masa Trainee selama 3 tahun hingga akhirnya berhasil debut bersama idol grup BTS. Sebelum memiliki nama panggung RM, dahulu Kim Nam-joon terkenal dengan nama Runch Randa. RM sendiri memiliki arti “Real Me” tetapi para ARMY juga menyebutnya sebagai “Rap Monster” karena kemampuanya dalam melakukan Rap yang luar biasa.

Jin

Menempati posisi sebagai vokalis dan visual ternyata Jin adalah member tertua dalam BTS, memiliki nama lengkap Kim Seok Jin ia lahir di Gwacheon pada 4 Desember 1992 dan saat ini berusia 26 tahun. Jin terkenal dengan hobi memasaknya dia juga mengidolakan member grup idol Bigbang yaitu T.O.P.

Jin bergabung dengan Big Hit Entertainment pada 2012 mulanya Jin akan dilatih untuk menjadi aktor namun memiliki kemampuan bernyanyi dengan baik akhirnya Jin dipromosikan menjadi member BTS. Sebelum bergabung dengan Big Hit entertainment tenyata Jin pernah mendapat tawaran dari SM entertainment namun dia menolaknya. 

Jin pernah tampil secara solo membawakan lagu “Epiphany”, lagu tersebut menggambarkan penerimaan dan mencintai diri sendiri. Jin sangat akrab dengan member BTS lainya yaitu V karena mereka memiliki hobi yang sama yaitu penyuka Anime.

Suga

Pria yang terkenal dengan nama panggung  Suga, memiliki nama asli Min Yoon Gi. Dia lahir di Daegu pada 9 Maret 1993, dan mempunyai satu saudara laki-laki. Suga memiliki bakat sebagai rapper sehingga dia ditempatkan sebagai lead rapper bersama RM dalam grup BTS. 

Suga bergabung dengan Big Hit Entertainment pada tahun 2010 setelah berhasil lolos dalam audisi yang digelar oleh Big Hit pada 2010, dalam audisi tersebut suga berhasil meraih posisi juara ke 2. Suga membutuhkan waktu selama 3 tahun bersama RM untuk bisa debut secara resmi dengan BTS.

Pada Agustus 2016 Suga pernah bersolo karir dengan mengeluarkan mixtape yang terdiri dari 2 lagu yaitu “Agust D” dan “Give it to Me”. Saat bersolo karir Yoon Gi tidak menggunakan nama Suga sebagai nama panggung melainkan “Agust D” yang merupakan kebalikan dari nama Suga dan inisial T dan D berasal dari kata Daegu Town. 

J-Hope

Salah satu personel BTS yang juga mengisi posisi lead Rapper adalah J-Hope, dia memiliki nama asli Jung Ho Seok. J-Hope lahir di Gwangju pada 18 Februari 1994 dan saat ini berusia 25 tahun.  Tak hanya sebagai rapper tapi J-Hope juga menempati posis dancer.

Sebelum memutuskan menjadi Trainee pada Big Hit Entertainment, J-Hope sempat tergabung dalam grup dance underground Neuron. J-Hope memang berbakat dalam bidang menari hal itu dia tunjukan saat menjuarai kompetisi dance tingkat nasional pada 2008. 

Saat resmi debut dengan BTS Jung Ho Seok memutuskan nama panggungnya sebagai J-Hope yang memiliki arti “harapan” yaitu harapan bagi para fans dan juga harapan bagi BTS. J-Hope pernah mengeluarkan mixtape nya yang berjudul “Hope World” pad 2 Maret 2018. Dalam mixtape tersebut terdapat 3 track lagu yaitu “Hope World”, “Day Dream”, dan “Hangsang”.

Jimin

Jimin atau Park Jimin lahir di Busan, 13 Oktober 1995. Jimin mengisi posisi Lead Dancer bersama J-Hope dan juga mejadi lead vocal, Jimin merupakan personal terakhir yang bergabung dengan BTS.

Bakat Jimin dalam menari telah dia asah sejak dia bersekolah, Jimin bersekolah di Busan Arts High School dan mengambil jurusan Modern Dance dan Contemporary Ballet, Jimin tergolong siswa yang pandai dan berbakat nilainya saat bersekolah selalu bagus dan mendapatkan rangking. Hingga akhirnya guru Jimin menyarankannya untuk mengikuti audisi menjadi idol grup K=Pop.

Fakta menarik dari Jimin adalah 2 hari sebelum BTS debut Jimin hampir dikeluarkan karena style dance yang kontemporer tidak sesuai dengan konsep BTS yang mengusung tema Hip-Hop namun keputusan tersebut tidak jadi dilkaukan. Tak hanya sibuk berlatih dan konser bersama BTS ternyata Jimin juga melanjutkan studinya di Global Cyber University di Cheonan, Korea Selatan.

V

Pria yang pernah dinobatkan sebagai “The 100 Most Handsome Faces of 2018” by TC Chandler memiliki nama asli Kim Taehyung, V sendiri lahir pada 30 Desember 1995 di Distrik Daegu. Pada grup BTS V menempati posisi vokal dan visual dan memiliki nama panggilan Blank Tea.

V bergabung dengan Big Hit Entertainment sejak 2011, V lolos dalan audisi yang diselenggarakan oleh Big Hit di Daegu. Setelah lolos dari audisi tersebut V langsung dikontrak menjadi Trainee hingga akhirnya diperkenalkan pada 2013 menjelang BTS debut.

V menjadi teman satu sekolah Jimin ketika Jimin pindah ke Korean Arts High School, dan juga melanjutan studinya di kampus yang sama dengan Jimin di Global Cyber University. V mendapat julukan Blank Tea karena sering menunjukan ekskpresi wajah yang kosong di depan kamera, V memang terkenal sebagai member yang misterius juga unik.

Jungkook

Member BTS termuda adalah Jeon Jung Kook atau yang dikenal Jungkook, ia lahir pada 1 September 1997 di Busan. Jungkook menjadi main vokalis dan juga maknae dalam idol grup BTS. Saat berusia 13 tahun Jungkook pernah mengikuti audisi Superstar K3 namun sayangnya dia gagal.

Jungkook memutuskan bergabung dengan BTS pada 2011 setalah melihat Rap Monster (RM) melakukan Rap. Pada 2012 Jungkook dikirm ke Los Angeles oleh Big Hit entertainment untuk berlatih menari di suatu akademi terkenal disana, setelah menyelesaikan Trainee nya di Amerika Serikat di tahun 2013 Jungkook resmi debut bersama ke 6 member lainya. 

Perjalanan BTS

Sebelum menjadi Idol Grup yang sukses seperti sekarang BTS awalnya dirancang sebagai grup Hip-Hop di tahun 2010. Awalnya BTS terdiri dari 2 member yaitu Kim Nam-joon dan Hunchul sabagai Duo rapper, namun terjadi penambahan member pada 2011 sebanyak 4 orang antara lain Suga, J-Hope, Choi Ikje, dan Shin Dong Hyuk.

Tidak jadi debut pada 2010 dan terdapat penambahan member Big Hit Entertainment memutuskan mengubah konsep BTS menjadi Idol Grup. Dengan berubahnya konsep tersebut membuat Choi Ikje keluar karena sudah tidak sejalan, tak hanya Choi Ikje member lainya seperti Hunchul dan Shin Dong Hyuk memutuskan mengikuti jejak Choi Ikje.

Akhirnya Big Hit memasukan 2 vokalis baru yaitu Jungkook dan V karena BTS akan menjadi Idol Grup, di tahun 2012 bergabunglah Jin yang tadinya akan dipromosikan menjadi aktor dan member terakhir yang bergabung adalah Jimin yang mengisi posisi dancer. Secara resmi akhirnya BTS debut pada 13 Juni 2013. 

Perjalanan karir mereka selama 6 tahun menjadikanya Idol Grup tersukses sepanjang masa, setiap BTS menelurkan album dan single terbaru pasti selalu memecahkan rekor penjualan dan jumlah penonton terbanyak di Youtube berkat dukungan fans setianya yaitu ARMY.

Kategori Seleb

Tinggalkan komentar