Profil & Biodata Red Velvet

Salah satu idol grup yang sangat terkenal dan di bawah naungan label besar S.M. Entertainment adalah Red Velvet (RV), idol grup ini menjadi suksesor dari idol grup bentukan S.M. Entertainment sebelunya yaitu Girls Generation. Tak hanya paras cantik para idol ini juga dibekali kemampuan menari dan menyanyi yang luar biasa, bagi kalian yang penasaran simak terus ulasan tentang Red Velvet, oke.

Biodata Red Velvet

Nama GrupRed Velvet
LabelS.M. Entertainment
Debut1 Agustus 2014
MemberIrene, Seul Gi, Wendy, Joy, Yeri
GenreK-Pop, Electropop
Fan ClubReVeluv
AsalKorea Selatan

Profil Red Velvet

Profil & Biodata Red Velvet

Menjadi salah satu girl band tersukses saat ini membuat Red Velvet memiliki banyak penggemar tersebar diseluruh dunia. Mengawali debut dengan 4 member yaitu Irene, Seul Gi, Wendy, dan Joy pada 1 Agustus 2014 dengan mengeluarkan single perdana yang berjudul Happiness. Mengusung konsep yang girly serta ditunjang dari penampilan mereka yang lucu membuat idol grup ini dengan mudah diterima para penggemar K-Pop.

Satu tahun berselang menjelang comeback pada maret 2015 Red Velvet mengumumkan member baru yaitu Yeri. Yeri akan ditempatkan untuk mengisi posisi Maknae, setelah mengumumkan anggota baru Red Velvet merelease album terbarunya yang berjudul “The Reds” dengan hits single “Ice Cream Cake”. Sejauh ini setidaknya Red Velvet telah mengeluarkan 2 Album Studio dan 5 Mini Album yang berhasil memecahkan berbagai rekor.

Keberhasilan yang dicapai oleh Red Velvet tak lepas dari usaha, latihan, dan kerja keras yang para member Red Velvet lakukan. Dengan semakin menjamurnya idol grup khususnya di Korea Selatan, ternyata tidak membuat Red Velvet tergerus tetapi malah semakin tenar dan populasi ReVeluv bertambah banyak.\

Mau tahu bagaiman perjuangan para member hingga berhasil debut, dan fakta menarik seputar Red Velvet ? Bagi kalian para ReVeluv jangan kemana-mana yaa, tetap di Profil dan Biodata Red Velvet.

Anggota Red Velvet

Irene

Anggota pertama yang kita ulas adalah Irene, ia memiliki nama lengkap Bae Joo Hyeon lahir di Daegu pada 29 Maret 2019 dan menjadi member paling tua di Red Velvet. Irene didaulat sebagai Leader dan juga mengisi posisi rapper dan visual. Irene dipilih sebagai Leader karena memiliki umur paling tua dibandingun personel lainya.

Irene memiliki paras yang sangat cantik sekaligus misterius, kecantikanya selalu disejajarkan dengan aktris papan atas Song Hye Kyo. Irene mulai bergabung menjadi Trainee di S.M Entertainment sejak 2009, Irene dikontrak oleh S.M karena memiliki bakat dalam bidang menari dan tentunya wajah yang cantik.

Irene membutuhkan waktu 5 tahun untuk bisa debut bersama Red Velvet, selama 5 tahun Irene menghabiskan waktunya untuk berlatih dance dan menjadi Idol Grup. Irene sempat diminta oleh S.M untuk tampil pada acara video showcase. Setelah debut Irene juga kerap menjadi MC pada berbagai acara musik seperti KBS Music Bank yang salah satunya berduet Park Go Bum.

Tak hanya menjadi idol Irene juga beberapaki muncul di layar televisi pada suatu drama korea yang paling fenomenal adalah menjadi cameo pada drama korea yang dibintangi Song Hye Kyo dan Song Jong KI saat itu yaitu “Decendants of the Sun”. Selain itu Irene juga pernah membintangi drama Women at a Game Company sebagai pemeran utama.

Seul Gi

Member yang kedua adalah Kang Seul Gi atau akrab disapa Seul Gi menjadi member Red Velvet yang paling lama menjalani masa Trainee, setidaknya Seul Gi membuthkan waktu selama 7 tahun untuk dapat resmi debut sebagai Idol Grup. Karena menjalani masa Trainee paling lama Seul Gi memiliki kematangan vokal yang baik ditunjang juga dengan kemampuan dance nya yang luar biasa.

Pada idol grup Red Velvet Seul Gi ditunjuk untuk menempati posisi Lead Vocal, Main Dancer, dan juga Center. Kang Seul Gi lahir di Ansan pada 10 Februari 1994 dan saat ini berusia 25 tahun. Sebelum resmi debut sebagai Red Velvet, Seul Gi sempat diperkenalkan pada Desember 2013 sebagai SM Rookies bersama 2 anggota lainya yaitu Irene dan Wendy.

Karena memiliki vocal yang sangat matang tak jarang Seul Gi diminta untuk mengisi lagu pada soundtrack untuk drama korea antara lain lagu Don’t Push Me (OST. Uncontrollably Fond), lagu You Just Like That (OST. Blade and Soul), dan lagu You’re the Only One I See (OST. Hwarang : The Poet Warrior Youth) tak hanya sendiri kadang Seul Gi juga berduet dengan Wendy untuk membawakan lagu tersebut.  

Wendy

Anggota selanjutanya adalah Wendy yang memiliki nama asli Son Seung Wan lahir di Seoul, pada 21 Februari 1994. Meskipun lahir di Korea Selatan wendy dikenal berasal dari luar Korea Selatan. Wendy menempati posisi Lead Vokal bersama Seul Gi di idol grup Red Velvet.

Perjalanan Wendy sebagai idol dibilang cukup sulit dan mendapatkan banyak tentangan terutama dari orang tuanya. Pada mulanya orang tua Wendy tidak setuju apabila putrinya harus berkarir di dunia hiburan, padahal Wendy tergolong murid yang cerdas tak sedikit penghargaan yang telah Wendy raih dibidang musik, olahraga, dan akademik bahkan Wendy pernah meraih penghargaan Obama President Award.

Dengan bakat yang luar biasa sangat disayangkan jika Wendy harus menjadi entertain, namun melihat tekad dan motivasi yang kuat dari Wendy akhirnya ke 2 orang tua Wendy luluh.  Pada 2012 Wendy memutuskan untuk mengikuti SM Global Audition di Canada, dan akhirnya Wendy berhasil lolos audisi tersebut dan dikontrak menjadi Trainee.

Wendy membuthkan waktu tidak sampai 2 tahun untuk dapat debut bersama member lainya di grup Red Velvet, karena memiliki suara yang bagus Wendy menjadi Vokalis utama dalam ido grup tersebut.

Joy

Joy merupakan member terakhir pada awal pembentukan Red Velvet, Joy terlahir dengan nama Park Soo Young, lahir pada tanggal 3 September 1996 di Jeju. Joy menjadi member termuda karena masih berusia 22 tahun. Joy awalnya mengisi posisi maknae dalam grup sebelum digantikan oleh member terbaru yaitu Yeri.

Joy satu-satunya member yang tidak tergabung dalam S.M Rookies, dan juga Joy menjalani masa trainee yang cukup cepat yaitu selama 2 tahun hingga dapat debut bersama Red Velvet. Joy menempati posisi sebagai Lead Vocal dan juga Lead Rapper. Joy juga tercatat pernah bersekolah di School Performing of Arts Seoul dan lulus pada tahun 2015.

Mengikuti jejak Wendy dan Seul Gi, Joy kerap dipercaya mengisi beberapa sound track dalam drama korea antara lain lagu I’m Okay (OST The Liar and His Lover) berduet dengan Lee Hyun Woo, selanjutnya lagu Nonsense (OST. The Great Seducer), dan terakhir lagu Young Love (OST We Got Married).

Yeri

Dan anggota terakhir setelah perubahan membee adalah Yeri atau dikenal sebagai Kim Ye Rim. Menjadi member termuda dengan usia 20 tahun, diketahui Yeri lahir pada 5 Maret 1999 di Seoul. Yeri menggeser posisi Joy sebagai maknae dalam grup Red Velvet.

Meskipun terhitung sebagai member baru tetapi Joy telah menjadi Trainee sejak 2011, lebih lama dari 2 seniornya yaitu Wendy dan Joy. Kemunculan Yeri pada 10 Maret 2015 tepat dengan comeback Red Velvet saat meluncurkan lagu Ice Cream Cake. Dalam idol Grup Red Velvet Yeri mengisi posisi sebagai dancer dan juga rapper, selain pandai dalam melakukan rap dan dance Yeri juga dikenal terampil dalam bermain alat musik seperti Gitar dan Piano. 

Awal Debut

Secara resmi Red Velvet debut dengan 4 member mereka yaitu Irene, Seul Gi, Wendy, dan Joy pada tanggal 1 Agustus 2014 dengan meluncurkan single Happiness. Awal debut mereka bisa dibilang berat yang pertama idol grup Red Velvet sempat dituntut oleh grup musik indie asal Hongdae Seoul dengan alasan telah nama menggunakan nama grup mereka tanpa ijin.

Namun dengan cepat S.M langsung mengklarifikasi dengan menegaskan bahwa nama “Red Velvet” sudah mereka gunakan sejak 2013, dan idol grup besutan S.M Entertainmnetn berhak menggunakan nama Red Velvet hingga saat ini. Rumor lain menyatakan bahwa debut Red Velvet terkesan mendadak, banyak orang yang memprediksi bahwa kemunculan Red Velvet adalah untuk menutupi skandal yang menimpa anggota girl band f(x) yaitu Sully.

Keganjalan tersebut terlihat dimana S.M Entertainment selaku label hanya mengeluarkan 1 video teaser menjelang debutnya, berbeda dengan boy band yang satu naungan yaitu EXO yang mengeluarkan total 20 teaser hingga kemunculan debutnya. Namun keberhasilan debut Red Velvet berhasil menutup isu-isu negatif tersebut.

Puncak Karir

Red Velvet mengusung konsep Red dan Velvet, dimana Red bearti cerah, berwaran serta memiliki aliran musik yang catchy untuk didengar, sedangkan velvet memiliki kesan misterius, dan berat yang ditunjukan oleh lagu-lagu yang bergenre ballad dan R&B.

Sukses dengan debut awal Red Velvet melakukan perubahan formasi dengan memperkenalkan Yeri sebagai member ke 5 dan sekaligus melaunching hits comeback mereka yang berjudul Ice Cream Cake. Kehadiran Yeri malah semakin membuat nama Red Velvet semakin meroket meskipun tergolong muda Yeri tak kesulitan untuk beradaptasi dengan para seniornya, dan fans mereke ReVeluv juga menyambut baik kehadiran Yeri.

Sepanjang 2015 Red Velvet merelease 2 mini album yang berjudul Ice Cream Cake dan The Reds pada tahun tersebut Red Velvet sukses meraih penghargaan penjualan album terbaik, Digital Bongsang 2015, dan Melon Music Awards 2015. Di tahun 2016 Red Velvet kembali meluncurkan 2 mini album yaitu The Velvet dan Russian Roullette. 

Kemunculan mini album Russian Roullette semakin mengangkat nama Red Velvet dimana album tersebut berhasil memuncaki Gaon Album Chart, dan menempati posisi ke 2 pada Billboard’s World Album. Melanjutkan kesuksesan di tahun sebelumnya pada 2017 Red Velvet kembali muncul dengan mengeluarkan 2 mini album yaitu Rookie dan The Red Summer, serta 1 full album yaitu Perfect Velvet. Di tahun 2018 Red Velvet meluncurkan seri repackage dari album Perfect Velvet yang diberi judul The Perfect Red Velvet.

Kategori Seleb

Tinggalkan komentar