Profil & Biodata Agnes Monica

Siapa yang tak kenal dengan penyanyi cantik yang satu ini, perjalanan  karirnya pun sudah mencapai level Internasional dan memiliki nama panggung baru Agnez Mo.

Agnes Monica sudah menjadi penyanyi sejak kecil dan semua orang pasti menebak bahwa kelak Agnes akan menjadi penyanyi yang hebat.

Kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang perjalanan musik Agnez Mo, hanya di Profil dan Biodata Agnes Monica berikut.

Biodata Agnez Mo

Nama LengkapAgnes Monica Muljoto
Nama PanggungAgnez Mo
Tempat, Tgl LahirJakarta, 1 Juli 1986
ProfesiPenyanyi, Aktris
Orang tuaRicky Muljoto (Ayah)
Jenny Siswono (Ibu)
Fan ClubAGNATION

Profil Agnez Mo

Memiliki bakat menyanyi yang luar biasa tak disangka Agnes Monica lahir dari keluarga Atlet, sang Ayah merupakan atket basket nasional yang berhasil menembus tim nasional sedangkan ibunya adalah mantan atlet tenis meja yang pernah masuk peringkat 5 besar dunia. Sempat terbesit menjadi atlet namun Agnes Monica memilih jadi penyanyi sebagai jalan hidupnya.

Mulai aktif menyanyi sejak usia 6 tahun dan berhasil menelurkan album perdana dan singlenya yang berjudul Si Meong pada tahun 1992, tak hanya itu Agnes kembali meluncurkan lagu Yesss! Yang membuatnya menjadi penyanyi cilik terpopuler saat itu, dilanjutkan dengan kemunculan lagu Bala-Bala di tahun 1996. Menjadi penyanyi cilik Agnes mendapatkan tawaran menjadi presenter diberbagai acara anak-anak.

Memiliki bakat menyanyi dan berakting membuat karir Agnes Monica dijagat hiburan semakin menanjak. Di awal tahun 2000-an wajah Agnes Monica semakin kerap menghiasi layar televisi lewat berbagai macam sinetron, yang paling melambungkan namanya adalah sinetron Pernikahan Dini. Tak hanya beradu akting Agnes juga mengisi soundtrack dari sinetron tersebut dengan judul lagu Pernikahan Dini dan Seputih Hati.

Di tahun 2003 Agnes resmi merilis album pertamanya yang bertajuk  And the Story Goes, pada album ini terdapat lagu hits seperti Jera, Bilang Saja, dan Cinta Mati yang berduet dengan Ahmad Dhani. Agnes Monica juga mengembangkan kemampuan menarinya terlihat dari berbagai video klip di album ini. Total Agnes Monica telah memproduksi sebanyak 4 album untuk karir nasionalnya, dan mulailah mengembangkan sayapnya ke International.

Karir Internasional Agnes Monica ditandai dengan munculnya lagu Coke Bottle pada 2013 dan mengubah nama panggungnya menjadi Agnez Mo. Apabila di Indonesia Agnes terkenal sebagai penyanyi pop dan ballad, sedangkan di luar Agnes lebih memilih aliran musik Hip-Hop dan RnB. Yang paling fenomenal Agnez Mo diajak berkolaborasi oleh Chris Brown untuk membawakan lagu Overdose.

Ulasan singkat diatas hanya segelintir informasi dan fakta menarik dari Agnes Monica, penasaran dengan sepak terjang dan berbagai penghargaan lainya serta bagaimana Agnes memulai karir internasionalnya, jangan kemana-mana tetap scroll down ya guys.

Kehidupan Awal

Penyanyi yang genap berusia 33 tahun ini terlahir dari pasangan Atlet sang ayah Ricky Muljoto sebagai pemain basket, sedangkan ibunya pernah menjadi atlet tenis meja internasional. Lahir sebagai anak bungsu Agnes memiliki kakak bernama Steve Muljoto, dari kecil Agnes memang sudah menunjukan bakatnya dibidang tarik suara, tak hanya itu Agnes juga pandai dalam memainkan alat musik khusunya piano.

Agnes tercatat pernah beresekolah di SD Tarakanita, Jakarta dan melanjutkan ke SLTP Pelita Harapan. Agnes tergolong siswa yang pandai lewat prestasinya dibidang akademik yang membuatnya dapat beasiswa, Agnes juga aktif beraktivitas di luar sekolah seperti kursus piano, bulu tangkis, dan bahasa inggris. Kedua orang tuanya juga mengasah kemampuan bernyanyi Agnes dengan mengikuti kursus menyanyi. Agnes melanjutkan studinya hingga berkuliah di Universitas Pelita Harapan Fakultas Hukum.

Awal Karir Penyanyi Cilik

Di usia yang sangat belia Agnes telah melakukan rekaman dan meluncurkan album pertamanya yaitu Si Meong pada 1992. Nama Agnes Monica benar-benar dikenal publik ketika sukses membawakan lagu Yess! Bersama Eza Yayang yang muncul pada tahun 1995, dan sukses mendapatkan penghargaan Album Anak-Anak Terbaik di tahun 1999. Selain itu Agnes juga merilis album musik lainya yang berjudul Bala-Bala, yang menjadikan Agnes Monica sebagai penyanyi kecil terpopuler di era 90-an.

Menjadi Pemain Sinetron

Menginjak usia remaja nama Agnes semakin hangat diperbincangkan, tak hanya sebagai penyanyi cilik kini Agnes mengembangkan karirnya sebagai Aktris. Wajah Agnes kembali menghiasi jagat televisi lewat sinetron Lupus Millenia dan Mr. Hologram pada 1999. Puncak karir Agnes Monica sebagai pemain sinetron yaitu saat dia membintangi sinetron Pernikahan Dini bersama Sahrul Gunawan di awal tahun 2000-an.

Lewat akting di sinetron tersebut Agnes berhasil mendapatkan penghargaan “Aktris Terfavorit” dalam ajang Panasonic Award di tahun 2001 dan 2002 serta menjadi “Aktris Ngetop” pada SCTV Award di tahun yang sama. Pada sinetron Pernikahan Dini Agnes tak hanya beradu akting namun juga ikut mengisi soundtrack sinetron lewat lagu Pernikahan Dini dan Seputih Hati dengan bantuan Melly Goeslaw. 

Sepanjang 2002 setidaknya Agnes telah membintangi 3 judul sinetron saat itu antara lain Ciuman Pertama, Kejar Daku Kau Ku Tangkap, dan Amanda. Seiring perjalananya didunia akting yang meroket Agnes dinobatkan menjadi aktris remaja tersukses, dan memiliki bayaran termahal di Indonesia. 

Pada tahun 2003 Agnes kembali membintangi sinetron Cewekku Jutek dimana dia akan beradu akting dengan artis pendatang baru yaitu Roger Danuarta. Sinetron lainya yang dia bintangi pada tahun tersebut adalah Bunga Perawan dan Cantik. Agnes berhasil merengkuh penghargaan “Aktris Terfavorit” dalam Panasonic Awards 2003, dan “Aktris Ngetop” pada ajang SCTV Awards 2004.

Karir Sebagai Penanyi Profesional

Album bertajuk And The Story Goes menjadi babak baru bagi Agnes didunia tarik suara, album yang diluncurkan pada 2003 setidaknya memakan waktu hingga 1,5 tahun. Agnes menuturkan bahwa dalam proses pembuatan album ini segala sesuatunya dipersiapkan dengan matang baik pemilihan lagu, musikus, hingga konsep video klip. Lebih dari itu Agnes juga melakukan audisi penari dan program gizi demi menjaga staminanya.

Album ini melibatkan musisi kelas atas seperti Ahmad Dhani, dan Melly Goeslaw, beberapa lagu Agnes yang cukup fenomenal di album ini adalah Jera, Bilang Saja, dan Cinta. Dari lagu tersebut Agnes sukses meraih penghargaan “Artis Pop Solo Wanita Terbaik”, “Karya Produksi Dance Terbaik” ,dan “Duo Group Terbaik” dalam ajang Anugerah Musik Indonesia 2004, serta “Pendatang Baru Terbaik” di ajang Anugerah Planet Muzik 2004.

Agnes kembali menelurkan album keduanya yaitu Whaddup A’..? pada album ini Agnes menggandeng musisi internasional Keith Martin. Pada album ke 2 nya Agnes berhasil membuat 5 lagu hits nya merajai puncak tangga lagu indonesia antara lain Bukan Milikmu Lagi, Tak Ada Logika, Tanpa Kekasihku, Cinta Di Ujung Jalan, serta Dan Tak Mungkin. Agnes juga kembali mendapatkan berbagai macam pernghargaan pada Anugerah Musik Indonesia 2006 serta Penghargaan MTV Indonesia 2006, album ini juga terjual 450.000 keping dan meraih Triple Platinum.

Agnes pernah menggelar konser tunggal untuk pertama kali di luar Indonesia tepatnya di Kuala Lumpur Indonesia dan berhasil mendaptkan 3000 penonton pada 23 Juni 2007. Di tahun yang sama Agnes menjadi bintang tamu dalam Asian Idol dengan membawakan lagu “Get Up”, pada ajang Asian Idol tersebut Indonesia diwakili oleh Mike Mohede yang pernah menjuarai Indonesian Idol.

Sembari menggarap album terbarunya, Agnes merilis single Matahariku. Lagu Mataharikus masih dinobatkan sebagai single terlaris Agnes dan penjualan NSP hingga 3 juta dalam kurun 9 bulan, dan sukses ditonton 4,5 juta kali di Youtube. Agnes juga mendapatkan kehormatan untuk tampil di Asia Song Festival di Seoul, Korea pada ajang tersebut agnes membawakan lagu Godai Aku Lagi, dan Shake It Off yang membuatnya berhasil menyabet “The Best Asian Award” 2 kali berturut turut.

Tahun 2009 Agnes Monica kembali menggebrak jagat musik Indonesia dengan merilis album ketiganya yang berjudul Sacredly Agnezious. Tak perlu diragukan lagi Agnes Monica kembali berhasil menyabet berbagai penghargaan baik dalam negeri maupun internasional. Hits single pada album ini adalah Matahariku, Teruskanlah, dan Godai Aku Lagi. 

Sebelum meninggalkan Indonesia untuk melanjutkan karir internasionalnya di tahun 2011 Agnes mempersembahkan album terakhirnya yang berjudul “Agnes Is My Name” yang berisi kumpulan lagu terbaiknya dari 3 album sebelumnya dan ditambah lagu Karena Ku Sanggup, dan Paralyzed. Berkat sumbangsih Agnes di dunia musik Internasional dia dianugerahkan Nugraha Bakti Musik Indonesia oleh Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata. Di tahun sebelumnya Agnes juga sempet ditunjuk sebagai juri Indonesian Idol bersama Erwin Gutawa, dan Anang Hermansyah.

Karir Internasional

Agnes Monica terbang ke Amerika Serikat untuk mengembangkan karir internasionalnya, di tahun 2013 Agnes mengganti nama panggungnya menjadi Agnez Mo dan sukses melakukan debutnya dengan merilis lagu Coke Bottle. Agnez Mo menggandeng rapper Timbaland dan T.I untuk berduet dalam lagu tersebut, lagu Coke Bottle sukses menembus 28 Uncharted Billboard, dan terpilih sebagai Song of the Summer di MTV Iggy.

Pada tahun 2015 Agnez Mo kembali meluncurkan single internasionalnya yang bertajuk Boy Magnet, lagu ini berhasil menduduki peringkat 3 Itunes Store, namun sayang lagu kedua agnes ini belum mampu menembus tangga lagu Billboard. Agnez Mo tak pantang menyerah dan terus bekerja keras memperjuangkan karir internasionalnya dan akhirnya Agnez Mo sukses meluncurkan album Internasionalnya yang berjudul X pada tahun 2017.

Mulai merasakan angin segar di jagat musik Internasional membuat Agnez Mo dillirik penyanyi RnB kondang Chris Brown untuk diajak berkolaborasi, di penghujung 2017 akhirnya Chirs Brown merilis lagu On Purpose yang dia kerjakan bersama Agnez Mo. Kedekatan mereka saat membuat proyek tersebut menimbulkan isu bahwa mereke berdua berpacaran, namun Agnez dan Chris menampik hal tersebut.

Karir Agnez semakin meroket setelah berduet dengan Chris Brown, pada tahun 2018 Agnez Mo pindah manajamen ke 300 Ent. Melihat kerja keras dan perjuangan Agnez mengembangkan karirnya di Amerika Serikat membuat 300 Ent. tertarik dan merekrut Agnez sebagai talent mereka. Bersama manajemen baru Agnez Mo meluncurkan single Overdose  dimana pada lagu tersebut dia kembali berkolaborasi dengan Chris Brown.

Foto liputan6.com

Kategori Seleb

Tinggalkan komentar