Profil & Biodata Afgansyah Reza

Penyanyi solo satu ini sudah tidak asing lagi diblantika musik Indonesia, terkenal dengan suara melownya yang merdu bisa dibilang afgan menjadi salah satu penyanyi solo terbaik yang pernah ada. Telah berkarir selama 10 tahun banyak kisah dan hal menarik untuk kita bahas, penasaran dengan perjalanan karir afgan dari awal debut hingga saat ini ? yuk kita simak bersama dalam Profil dan Biodata Afgansyah Reza.

Biodata Afgansyah Reza

NamaAfgansyah Reza
Tempat, Tgl LahirJakarta, 27 Mei 1989
ProfesiPenyanyi, Aktor
Orang TuaLoyd Yahya (Ayah)
Lola Purnama (Ibu)
Fan ClubAfganisme
LabelWannaB Production (2008 – 2011)
Trinity Optima Production (2011 – sekarang)
GenrePop

Profil Afgansyah Reza

Memulai karirnya pada tahun 2008 penyanyi yang memiliki nama panggung Afgan dengan cepat menjadi primadona di blantika musik Indonesia, di saat dunia permusikan Indonesia ramai dengan kemunculan grup band hadirlah sesosok penyanyi solo muda dengan wajah tampan serta suara merdu yang dapat membuat para wanita tersipu malu.

wannabmusicprod

Sukses dengan lagu “Terima Kasih Cinta” berhasil membawa Afgan menjadi Penyanyi Pria Solo terbaik dalam ajang Anugerah Musik Indonesia. Tak hanya hits single nya album pertama Afgan yang berjudul “Confession no 1” juga laku keras di pasaran dan dalam ajang SCTV Awards dinobatkan sebagai Album Solo Pop Terkenal.

Selalu tampil ceria serta lesung pipinya yang membuat para wanita jatuh cinta, ternyata Afgan juga pria yang cukup misterius. Afgan menyembunyikan rapat-rapat jalinan kasihnya dengan berbagai wanita, berhembus rumor Afgan pernah memacari aktris ternama Indonesai seperti Olivia Lubis Jansen, Pevita Pearce, dan Maudy Ayundya. Namun saat ini Afgan mengakui sedang dekat dengan Diva Indonesia yaitu Rossa.

Pada 2019 ini baru saja Afgan menyelenggarakan konser tunggalnya yang bertajuk “Dekade”, konser itu merupakan selebrasi untuk karir Afgan di dunia musik yang sudah menginjak 10 tahun setelah konser tersebut Afgan berniat untuk rehat sejenak dan belum memutuskan kapan untuk kembali tampil di atas panggung.

Masih banyak sekali fakta dan informasi menarik terkait penyanyi solo tampan satu ini, jangan kemana-mana tetap di Profil dan Biodata Afgansyah Reza ya!.

Kehidupan Awal

Afganysah Reza bukanlah lahir dari keluarga musisi, kedua orang tua Afgan Loyd Yahya (Ayah) dan Lola Purnama (Ibu) berprofesi sebagai Dokter. Afgan lahir di Jakarta pada 27 Mei 1989, Afgan terlahir dalam 4 bersaudara dimana dia memiliki kakak perempuan bernama Dhery Kharisma serta adik laki-laki dan adik perempuan masing-masing Dhika Claresta dan Arsya Satya Yudha.

Afgan tercatat pernah menjadi mahasiswa Universitas Indonesia di Fakultas Ekonomi, sebelumnya Afgan bersekolah di SMAN 34 Jakarta fakta menariknya adalah ternyata Afgan satu SMA dengan penyanyi cantik Raisa Andriana, dan diam-diam Raisa menaruh hati pada Afgan. Karena mereka ber 2 sama-sama pendiam hingga mereka lulus tidak sekalipun mereka berkenalan.

Sayangnya Afgan tidak dapat menyelesaikan studinya di Universitas Indonesia karena harus sibuk memulai karirnya sebagai penyanyi, namun di tahun 2011 Afgan bisa melanjutkan pendidikanya di Monash University di Malaysia mengambil jurusan Bussiness Marketing dan lulus pada tahun 2013.

Awal Karir

Perjalanan awal Afgan sebagai musisi cukup unik dan menarik, bermula dari hobinya bernyanyi namun masih malu-malu untuk ditunjukan. Afgan dan teman-teman SMA nya berencana menyanyi dan merekamnya di WannaB Instant Recording Studio, hal mengejutkan terjadi tak disangka produser WannaB Production saat itu melihat Afgan menyanyi, dan menilai bahwa Afgan memiliki potensi besar sebagai penyanyi.

Sempat kaget dan merasa ragu dengan tawaran produser WannaB, akhirnya Afgan resmi masuk dapur rekaman dan memulai perjalananya sebagai penyanyi. Meluncurkan lagu “Terima Kasih Cinta” pada 2008 ternyata lagu ini laku keras dan seketika Afgan menjadi terkenal senagai penyanyi solo, album perdananya yang berjudul “Confession no 1” juga laku keras di pasar musik Indonesia.

Menjadi Aktor

Di tahun 2009 Afgan mendapatkan tawaran untuk menjadi Aktor Film layar lebar. Film perdananya adalah Bukan Cinta Biasa namun Afgan hanya sebagai cameo dan mengisi soundtrack film tersebut dengan judul lagu yang sama yaitu Bukan Cinta Biasa. Tak sampai disitu Afgan kembali mendapatkan tawaran bermain film yang berjudul Cinta 2 Hati.

Dalam film Cinta 2 Hati Afgan didaulat menjadi pemeran utama dan harus beradu akting dengan Olivia Lubis Jensen, dan Tika Putri. Rumor yang berhembus Afgan terlibat cinta lokasi dengan Olivia Jansen, dimana usai syuting film tersebut Afgan kerap tertangkap kamera berdua bersama Olivia.

Pada tahun 2013 Afgan kembali muncul dalam film layar lebar kali ini dia harus beradu akting dengan aktris cantik yang sedang naik daun yaitu Maudy Ayundya dan Chelsea Islan, film tersebut berjudul Refrain. Penampilan Afgan dalam film Refrain dinilai lebih baik dibanding film-film sebelumnya.

Pindah Manajemen

Setelah 4 tahun bersama manajemen WannaB Production akhirnya Afgan memutuskan untuk pindah ke Trinity Optima Production, namun Afgan tidak langsung seketika mengeluarkan lagu karena harus sibuk menyelesaikan kuliahnya, barulah Afgan meluncurkan lagu Panah Asmara pada Desember 2012 untuk menyambut comebacknya ke dunia musik.

Pada 14 Februari 2013 mulailah Afgan aktif kembali di dunia permusikan Indonesia dengan mengeluarkan album baru yang berjudul L1ve to Love, dalam album tesebut terdapat lagu hits andalan yaitu Jodoh Pasti Bertemu dan Sabar. Tak lupa juga afgan menggandeng mantan penyanyi cilik Sherina untuk membawakan lagu Demi Kamu dan Aku.

Demi menaikan kualitas musiknya tak tanggung-tanggung Afgan menggaet produser bertangan dingin yang telah malang-melintang di dunia musik internasional yaitu Mark Hill. Yang menyebabkan Afgan memilih Mark Hill adalah karena pengalamanya yang telah sukses berkolaborasi dengan musisi papan atas dunia seperti Ed Sheeran, dan Craig David.

Akhirnya pada tahun 2016 Afgan resmi merilis album ke 4 nya bertajuk “SLIDES”. Pada album tersebut terdiri dari 13 lagu yang mencerminkan sisi dari pribadi Afgan, pada album ini Afgan menggandeng Raisa untuk berduet membawakan lagu yang berjudul Percayalah. Selain itu Afgan juga berkolaborasi dengan rapper asal Malaysia yaitu SonaOne, berkat kolaborasi tesebut Afgan sukses menyabet penghargaan kolaborasi terbaik pada ajang Anugerah Planet Muzik 2017 di Singapura.

Untuk menyambut 10 tahun karir Afgan di industri musik Indonesia pada tahun 2018 Afgan meluncurkan album ke 5 nya yang berjudul “DEKADE”. Pada album DEKADE tersebut terdapat 4 lagu baru dan 3 lagu remake dengan total sebanyak 14 lagu yang berisikan top hits Afgan sepanjang karirnya. Di album ini Afgan menggaet Isyana Sarasvati dan Randy Pandugo untuk membawakan lagu yang berjudul Heaven.

Kisah Asmara

Menjadi penyanyi terkenal dan memiliki wajah yang tampan tentu bukan hal sulit bagi Afgan untuk menemukan dambaan hatinya. Namun hingga saat ini Afgan belum melepas masa lajangnya dan terkesan tertutup dengan kisah asmaranya, berkali-kali Afgan digosipkan dengan berbagai artis namun hanya sekedar gosip tanpa kejelasan.

Pelantun lagu Jodoh Pasti Bertemu tercatat pernah dekat dengan Olivia Lubis Jansen, Maudy Ayundya, dan Pevita Pearce. Beberapa dari mereka dikabarkan dekat sejak Afgan mulai turun bermain film dan terlibat cinta lokasi, namun tak sekalipuan Afgan maupun teman wanitanya melakukan klarifikasi dan memilih untuk tutup mulut, meskipun beberapa kali kemesraanya terekam kamera.

Saat ini Afgan sedang dekat dengan penyanyi papan atas Rossa, hal itu ditengarai bermula Afgan pindah ke manajemen yang sama dengan Rossa yaitu Trinity Optima Production. Proyek lagu Kamu Yang Kutunggu duet antara Afgan dan Rossa menjadi pemicu kedekatan diantara mereka, dibeberapa interview dengan media Rossa dan Afgan saling mengagumin satu sama lain dan menganggap sebagai sahabat.

Akun-akun gosip di media sosial beberapa kali mendapatkan jejak kemesraan mereka dimana dalam suatu video terlihat mereka sedang berudaan dan berpelukan dalam acara pesta ulang tahun Rossa, namun kembali lagi mereka berdua memilih untuk tetap tutup mulut dan masih belum jelas kemana arah kedua pasangan penyanyi ini.

Konser Tunggal 

Berkarir selama 10 tahun dan berhasil menelurkan puluhan top hits yang merajai tangga lagu Indonesia setidaknya Afgan sudah 2 kali melakukan Konser tunggal, yang pertama adalah pada tahun 2015 dengan judul konser “DARI HATI”, sedangkan konser tunggal ke 2 nya baru saja dilakukan pada pertengahan 2019 yang bertajuk “DEKADE”.

Konser tunggal “DARI HATI” dilangsungkan pada tanggal 14 Februari 2015 di Plenary Hall Jakarta Convention Center dan menggandeng Erwin Gutawa sebagai komposer dalam konser tunggal pertamanya. Selanjutnya di tahun 2019 Afgan membuat konser tunggal ke 2 nya sebelum memutuskan rehat dari dunia musik Indonesia. Konser tersebut digelar pada 9 Agustus 2019.

Pada konsernya yang berjudul DEKADE setidaknya Afgan membawakan 23 lagu terlarisnya dan diiringi sebanyak 41 penonton. Konser DEKADE tersebut diadakan di Istora Senayan Jakarta, beberapa penyanyi yang pernah berduet dengan Afgan juga terlibat dalam konser ini antara lain Isyana Sarasvati, Randy Pandugo, Dipha Barus, Marion Jola dan sederet penyanyi lainya.

Tak hanya itu Afgan juga membawakan lagu Lenggang puspita karya Guruh Soekarno Putra, Afgan sendiri mengakui bahwa dia mengidolakan sosok Guruh Soekarno Putra dan pernah dipilih untuk menjadi bagian dari album Tribute to Guruh Soekarno Putera.

Setelah menutup konser tunggalnya yang ke 2 Afgan memutuskan untuk rehat sejenak dari dunia permusikan Indonesia.

Diusir dari Panggung

Memiliki karir cemerlang dan jutaan fans tak membuat Afgan luput dari hal tak mengenakan di atas panggung, benar saja hal itu terjadi saat Afgan mengisi konser Prambanan Jazz 2017. Afgan yang sebagai penampil utama dalam konser tersebut mendapatkan waktu tampil jam 8 malam, entah panitia yang tidak atau adanya kesalahan teknis membuat Afgan harus menunggu 2 jam lebih lama sehingga baru dapat naik ke atas panggung.

Tak hanya Afgan yang mengeluhkan para Afganisme yang sudah menunggu dari sore juga sempat protes dengan panitia karena hal memalukan ini. Baru saja menyanyikan 6 lagu Afgan terpaksa diusir dari panggung, panitia dengan sengaja mematikan seluruh sound system dan lighting di panggung tersebut. setelah diusut ternyata ditempat yang sama terdapat konser Sarah Brightman yang telah tampil dari jam 9 dan merasa terganggu dengan adanya konser Afgan.

Foto liputan6.com

Kategori Seleb

Tinggalkan komentar