Profil & Biodata Manji

Penyanyi pelantun lagu Dia sekarang sedang menapaki puncak kesuksesan karirnya, Anji atau yang lebih akrab disapa Manji sekarang tak hanya sukses menjadi penyanyi.

Manji juga aktif sebagai Youtuber dan memiliki bisnis yang semakin menambah pundi-pundinya. Untuk mengenal sosok manji lebih dekat mari kita simak bersama ulasan menyeluruh karir Manji dari vokalis band hingga menjadi enterpreneur.

Biodata Manji

Nama LengkapErdian Aji Prihartanto
Nama PanggungAnji Manji
Tempat, Tgl lahir Jakarta, 5 Oktober 1979
ProfesiMusisi, Content Creator, Enterpreneur
PasanganWina Natalia
AnakLeticia Charlotte Agraciana Joseph
Saga Omar Nagata
Sigra Umar Narada
Salvaditya Tama
Sultan Saladyne Tama
Orang TuaHaribyo (Ayah)
Siti Sundari (Ibu)

Profil Manji

Anji mulai dikenal publik saat menjadi vokalis grup band Drive yang debut pada tahun 2007 dan meluncurkan album Esok Lebih Baik. Pada album tersebut terdapat hits singel yaitu Bersama Bintang yang juga dijadikan soundtrack sebuah sinetron. Anji berkari bersama Drive kurang lebih 6 tahun dimana Anji mulai bergabung pada 2005 dan resmi meninggalkan band yang sudah membersarkan namanya pada 2011.

Setelah meninggalkan Drive Anji bukanya tidak berkecimpung di dunia musik lagi tetapi malah aktif sebagai musisi dan menjadi penyanyi solo. Karir Anji sebagai penyanyi solo juga dibilang cukup sukses beberapa kali berhasil menelurkan hits single seperti Dia di tahun 2016, dan membuat album solo berjudul Luar Biasa pada tahun 2011. Seiring dengan menjadi penyanyi solo nama panggung Anji pun berubah menjadi Manji.

Saat ini Anji tak hanya disibukan dengan konser off air dan on air nya, tetapi juga rutin membuat content pada channel Youtubenya yang bernama Dunia Manji yang sudah dia bangun sejak 2016. Anji juga mengembangkan sayapnya ke dunia enterpreneur dengan membuka berbagai usaha dibidang makanan, dan saat ini Anji juga menjadi CEO dari Terang Creative yang merupakan agency yang dia miiliki.

Bagi kalian para penggemar Anji jangan beranjak dulu, masih banyak fakta dan informasi seputar perjalanan hidup Manji yang sayang jika dilewatkan. Yuk kita simak ulasan tentang sepak terjang Manji yang menjadikanya sebagai musisi, youtuber, sekaligus enterpreneur.

Kehidupan Awal

Mantan vokalis band Drive ini lahir di Jakarta, pada 5 Oktober 1979 merupakan anak ke 2 dari 3 bersaudara dan terlahir dengan nama lengkap Erdianto Aji Prihartanto, karena nama Aji sudah terlalu familiar makanya dipilihlah nama Anji sebagai nama panggilan yang merupakan gabungan dari nama Erdian dan Aji. Nama itu terus melekat pada diri Anji dan menjadikanya nama panggung.

Sedari kecil memang Anji sudah hobi menyanyi, dan pada kelas 4 SD jika ditanya apa cita-citanya makan Anji menjawab ingin menjadi penyanyi. Saat bersekolah Anji pernah membawakan lagu Bintang Kejora yang langsung mendapatkan apresiasi dari teman sekelasnya juga guru-gurunya. Melihat orang terhibur mendengar suaranya menjadikan kesenangan tersendiri bagi Anji.

Menginjak masa SMP Anji langsung membuat grup band bersama teman-temanya dan menjadi vokalis, namun setelah melihat temanya yang membentuk band terjerumus narkoba Anji mengurungkan niatnya tersebut. Anji tidak mau tersentuh oleh narkoba dan selama masa SMP Anji tak sekalipun bermain musik hingga SMA. Sempat mengalihkan hobinya kepada hal lain ternyata tak bisa dipungkiri bahwa passion Anji ada di musik.

Ketika mulai memasuki masa kuliah Anji kembali membentuk grup band Fuck You dan mengambil posisi bass, hal itu dia lakukan semasa berkuliah di jurusan Sastra China Universitas Indonesia.

Anji juga sempat mengisi dalam pentas seni menyambut kemerdekaan Republik Indonesia, Anji diminta untuk menyanyikan beberapa lagu sontak mendapatkan tepuk tangan dan sambutan yang meriah dari penonton hingga akhirnya Anji kembali percaya diri sebagai vokalis.

Tak hanya sebagai Vokalis Anji juga pandai dalam berbahasa china hal itu dia dapatkan semenjak kuliah di Sastra China, setelah lulus Anji juga pernah menjadi pengajar bahasa mandarin. Anji pernah menjadi pengajar di suatu SMA dan membuka les bahasa mandarin.

Ada fakta menarik ternyata saat menjadi pengajar Anji pernah mengencani muridnya yang saat itu masih kelas 2 SMA, dan juga Anji beberapa kali mendapatkan surat cinta dari muridnya.

Passion Anji di dunia musik tetap membara dan Anji sempat dilema apakah akan tetap menjadi pengajar atau mengejar cita-citanya sebagai musisi, dan akhirnya Anji memilih kembali menjadi seorang pemusik dan meninggalkan profesinya sebagai pengajar bahasa mandarin.

Awal Karir Bermusik

Sebelum bergabung dengan band Drive Anji pernah menjadi bagian dari grup band Clinic Funk, band tersebut tertarik merekrut Anji karena dia memiliki suara yang unik dan berkarakter. Saat tergabung dalam grup band Clinic Funk Anji juga mengelola studio musik yang dimiliki keluarganya. Bersama Clinic Funk setidaknya Anji sudah melakukan 3 rekaman lagu dalam album Imperium I.

Melihat cita-cita dan potensi Anji sebagai penyanyi ibunya memberikan dukungan yang luar biasa dimana sang ibu rela menggelontorkan ratusan juta rupiah untuk Anji, namun Anji menolak uang tersebut karena bukan hanya Anji saja melainkan 2 saudaranya juga ingin menjadi musisi. Anji juga pernah mencoba peruntunganya dengan mengikuti audisi Indonesian Idol 1 pada tahun 2004 namun usaha Anji gagal.

Pada tahun 2005 Anji bertemu dengan Robert yang menjadi manajer band Drive, saat itu memang drive sedang mencari vokali baru untuk menggantikan Avant, melihat potensi Anji yang luar biasa langsunglah Anji dikontrak dan resmi memakai nama Anji Drive. Mulai tahun 2006 band Drive aktif membuat demo rekaman lagu-lagunya dan menawarkannya ke berbagai label musik di tanah air, selain itu mereka juga kerap tampil mengisi beberapa event musik.Hingga akhirnya pada 2007 Piyu Padi melirik band Drive dan tertarik menjadi produser band tersebut.

Pertengahan 2007 Anji dan band Drive resmi merilis album pertama mereka yang bertajuk “Esok Lebih Baik” dengan hits andalan Bersama Bintang, yang membuat band Drive dikenal banyak orang lagu Bersam Bintang dijadikan opening sinetron yang sedang digemari saat itu berjudul Candy. Mulailah orang-orang mencari tahu tentang band Drive dan lagu Bersama Bintang tersebut.

Dibawah naungan E-Motion label band Drive kembali meluncurkan album keduanya yang berjudul “Kita Untuk Selamanya” di tahun 2008. Album tersebut laku keras dipasaran dan semakin membuat nama band Drive naik daun berkat lagu Melepasmu, dan Wanita Terindah. Harus diakui kharisma dan sosok Anji dalam grup band ini sangat kuat dan menjadi salah satu faktor kesuksesan band Drive.

Dan pada 2010 menjadi tahun terakhir Anji bersama Drive saat itu telah rilis album ketiga mereka yaitu “Bintang Yang Bersinar”, Anji terpaksa keluar karena sudah tidak sejalan dengan para personil dan manajemen lainya, Anji dinilai terlalu egois dan arogan. Serta ketidak jelasan kontrak label dengan Drive juga menjadi pemicu hengkangnya Anji dan akhirnya Anji mantap untuk berfokus pada solo karir.

Penyanyi Solo

Sempat terpuruk karena harus hengkang dari Drive ternyata Anji bisa bangkit kembali dan menjadi musisi yang lebih tenar dari sebelumnya, secara perlahan Anji bangkit dengan lagu Berhenti di Kamu, dan berhasil meluncurkan album solo perdananya yang bertajuk “Luar Biasa” di tahun 2011. Anji sukses merengkuh piala “Artis Pendatang Baru” dalam Anugerah Musik Planet di Singapura pada tahun 2012.

Memulai babak baru dalam hidupnya Anji mencoba melepaskan bayang-bayang Drive dari dirinya dengan mengganti nama panggungnya menjadi Manji, nama tersebut berasal dari kata Om Anji yang merupakan panggilan anak-anak istrinya kepada Anji yang kemudian dia lebur menjadi Manji.

Pada tahun 2016 Manji berhasil melepas bayang-bayang Drive dengan mengeluarkan hits single yang berjudul Dia, lagu ini sukses besar dipasaran. Terhitung lagu ini mendapatkan 100 juta kali views di Youtube dan didengungkan di berbagai acara televisi dan radio. Lagu Dia menjadi puncak karir solo Manji dan memberikanya identitas baru keseluruh publik, dan menjadikanya sebagai salah satu penyanyi solo papan atas Indonesia.

Kehidupan Asmara Anji

Menjadi publik figur tentu membuat Anji tak lepas dari sorotan kamera terutama mengulik kisah asmara dan perjalanan hidupnya. Hal kontroversial sempat mencuat ke publik ketika Anji mengakui bahwa dia adalah Ayah biologis dari putri Sheila Marcia yaitu Leticia Charlotte Agraciana Joseph pada tahun 2010. Berita tersebut cukup mengagetkan pasalnya media tak sekalipun curiga bahwa mereka berdua pernah berpacaran.

Anji mengaku siap bertanggung jawab atas anak tersebut, namun Sheila Marcia memilih untuk menjadi single parent dari putrinya tersebut. Meskipun begitu hubungan pribadi mereka berdua tetap baik terlihat dari postingan di media sosial. Hubungan mereka sempat terusik ketika Sheila memutuskan untuk tinggal di Bali pada 2017 yang membuat Anji jauh dengan putrinya tersebut.

Pada tahun 2012 Anji secara diam-diam menikahi Wina Natalia secara siri, sebelumnya hubungan mereka sempat memanas karean ada isu Anji selingkuh dengan Raline Shah. Namun masalah itu semua berhasil diatasi dan mereka resmi menggelar resepsi pada 13 Juli 2012 secara tertutup, karena sempat trauma dengan kegagalan sebelumnya.

Manji Sebagai Youtuber

Sejak tahun 2016 Manji kerap menghiasi dunia Youtube dengan channelnya yang berjudul Dunia Manji, dalam channelnya tersebut Anji kerap membuat video tentang kesehariannya, cover musik, dan berbagi sudut pandang tentang masalah yang sedang hangat. Diawal kemunculanya di Youtube Manji sempat bersitegang dengan Youtuber kawakan Reza Arap karena Manji mengomentari tingkah laku Arap di channelnya.

Namun sekarang Manji terbilang sukses sebagai Youtuber dengan subscriber yang sudah mencapai 1 juta lebih, berkat konten SIDAK Youtube Manji menjadi semakin ramai, beberapa kali juga dia melakukan kolaborasi dengan Youtuber-Youtuber lainya. Bersama Deddy Corbuzier Manji juga membuat channel Youtube lagi yang berjudul “The Baldies” dimana pada channel tersebut mereka mengundang seseorang untuk ditanya-tanyai dan terkadang melakukan challange.

Berkat kecemerlanganya di dunia digital Manji mulai mendirikan agencynya sendiri yang berjudul Terang Creative dan Anji sebagai CEO. Pada Agency tersebut Anji mengumpulkan berbagai macam talent yang nantinya akan dia promosikan sehingga menjadi lebih tenar, dan salah satu talentnya adalah Mael Lee dan istrinya Wina Natalia.

Foto Tribunnews.com

Kategori Seleb

Tinggalkan komentar