Profil & Biodata Noah Band

Noah Band menjadi salah satu band legendaris yang masih eksis hingga saat ini, mulai populer di awal era 2000-an dengan nama Peterpan hingga saat ini Ariel dan kawan-kawan masih tetap berkarya dengan merilis album baru.

Banyak lika-liku yang telah dilalui band ini dari bongkar pasang personel, pergantian nama, sampai kasus yang menyandung personelnya. Yuk kita simak ulasan perjalanan band Noah dari awal hingga sekarang pada artikel di bawah ini.

Biodata Noah Band

Nama BandNoah Band
PersonelNazril Ilham (Vokalis)
Lukman Hakim (Gitar
David Albert (Keyboardis)
LabelMusica Studio
GenrePop, Pop Rock
Fan ClubSahabat Noah

Profil Noah Band

Di tahun 2019 kabar mengejutkan datang dari band yang digawangi oleh Ariel dan kawan-kawan, pasalnya setelah mereka merilis album terbarunya yang berjudul Keterkaitan Keterikatan salah satu personelnya Uki dikabarkan hengkang dari band yang telah membesarkan namanya. Sebelumnya Noah juga ditinggal oleh Reza yang mengisi posisi drummer pada tahun 2015 karena ingin berhijrah dan meninggalkan musik.

Mengawali karir di blantika musik tanah air dengan nama Peterpan yang terbentuk pada tahun 2000 dan terdiri dari 6 personel yaitu Ariel, Uki, Lukman, Reza, Indra, dan Andika. Kesuksesan didulang setelah meluncurkan single perdananya yang berjudul Semua Tentang Kita yang dimasukan ke dalam album kompilasi yang berjudul Kisah 2002 Malam, selain itu terdapat beberapa lagu lainya seperti Taman Langit dan Kita Tertawa.

Bersama band Peterpan Ariel dkk sukses menelurkan 5 buah album antara lain Taman Langit, Bintang Di Surga, OST Alexandria, Hari Yang Cerah, Sebuah Nama Sebuah Cerita yang berhasil mengantarkan Peterpan memecahkan berbagai rekor sepert album studio dengan penjualan tertinggi yaitu 3 juta kopi pada album Bintang Di Surga, selain itu Peterpan tercatat dalam Rekor MURI untuk konser maraton di 6 provinsi dalam kurun waktu 24 jam.

Perjalanan band Petrepan mulai terombang-ambing pada tahun 2006 setelah 2 personelnya memutuskan untuk hengkang yaitu Indra, dan Andika selaku pendiri band tersebut, sempat terjadi perseteruan dimana Andika meminta Ariel dkk untuk tidak menggunakan nama Peterpan lagi. Dengan kepergian 2 personilnya Ariel mencari pengganti dengan memasukan David dan Ihsan.

Setelah lama tidak terdengar jejaknya akhirnya Ariel dkk muncul kembali dengan melaunching nama band terbarunya yaitu Noah pada 2 Agustus 2012, dan langsung merilis album perdananya yaitu Seperti Seharusnya dengan hits single Separuh Aku, dan Hidup Untukmu Mati Tanpamu. Yang kemudian hingga saat ini Noah telah merilis sebanyak 4 album yaitu Seperti Seharusnya, Second Chance, Sings Legends, dan Keterkaitan Keterikatan.

Pada mulanya Noah beranggotakan 5 orang yaitu Ariel, Uki, Lukman, Reza, dan David. Namun pada tahun 2015 Reza memutuskan keluar yang kemudian disusul oleh Uki pada tahun 2019 dengan alasan yang sama yaitu berhijrah dan meninggalkan dunia musik. Hingga saat ini belum ada tanda-tanda akan adanya penambahan personel selepas kepergian Uki dan Reza.

Bagi kalian para Sahabat Noah pasti sudah tahu dengan lika liku perjalanan Noah dan para personilnya tapi masih ada fakta dan informasi menarik yang sayang untuk dilewatkan. Langsung saja kita simak artikel di bawah ini.

Sekilas Personel Noah

1. Ariel Noah

Vokalis flamboyan yang memiliki nama lengkap Nazril Ilham memang menjadi sosok vital dari band Noah ini. Pria yang akrab disapa Ariel ini lahir pada tanggal 16 September 1981 di Pangkalan Brandan, Sumatera Utara. Ariel mengisi posisi vokal dari awal terbentuk hingga sekarang selain itu hampir semua lagu Peterpan atau Noah merupakan hasil karyanya.

Pesona Ariel sebagai vokal memang menjadi daya pikat tersendiri bagi para sahabat Noah dengan suaranya yang khas serak dan berat berhasil menjadikanya sebagai musisi papan atas tanah air. Karir Ariel bersama Peterpan dan Noah sempat terhambat akibat kasus video porno yang melibatkan sederet aktirs cantik seperti Luna Maya, dan Cut Tari.

Hal tersebut berimbas dengan mundurnya jadwal comeback Noah hingga akhirnya harus menunggu Ariel terbebas dari penjara. Pria yang sempat menjalin asmara dengan Sophia Latjuba juga pernah menjajal dunia akting lewat film perdananya yang berjudul Sang Pemimpi pada tahun 2009, dan film biografi perjalanan Ariel dkk saat membentuk band Noah yaitu Awal Semula pada tahun 2014.

2. Lukman Noah

Bersamaan dengan Ariel, Lukman adalah salah satu personel Noah yang tergabung sejak pembentukan awal band Peterpan bersama Uki, Reza, Indra, dan Andika. Pria yang memiliki nama lengkap Loekman Hakim ini lahir di Cianjur pada 30 Desember 1975. Loekman merupakan anak dari pasangan Sulaeman dan Iis Hartini, hobi bermain gita Loekman perlajari secara otodidak, dan pada masa SMP Loekman sudah aktig ngeband bersama teman-temanya.

Loekman memulai debut bersama Peterpan setelah diajak oleh Ariel berbagung dengan bandnya karena kekurangan personel, karena sebelumnya Loekman dan Ariel pernah bekerja sama dalam Topi band dan sudah mengetahui karakter suara Ariel langsung saja Loekman mengiyakan ajakan tersebut. Yang kemudian ditambah Reza dan Indra sehingga lengkap formasi band tersebut, lalu Andika memutuskan membentuk nama band baru yaitu Peterpan.

Loekman memiliki peran penting dalam band Noah, dia sering memberikan masukan kepada Ariel selaku pencipta lagu untuk memasukan nada atau akor yang pas untuk lagu tersebut. Selain itu melodi gitar dari Loekman menjadi ciri khas tersendiri yang membedakan band Noah atau Peterpan dengan band lainya. Selain bermain musik Loekman memiliki hobi di dunia otomotif salah satunya adalah balap drift, bahkan Loekman pernah diendorse oleh salah satu merk spareparts mobil AHRS.

3. David Noah

Personil terakhir yang akan diulas adalah David Noah, pria yang memiliki nama lengkap David Kurnia Albert Dofel ini lahir di Bandung pada tanggal 11 Juli 1981 merupakan putra dari pasangan Didi Albert dan Raden Sukarni. Sejak kecil David memang sudah dikenalkan pada dunia musik, orang tuanya mengenalkan musik mozart ketika David rewel. Di usia 5 tahun David sudah belajar memainkan piano klasik.

David sangat menekuni piano klasik tersebut hingga membawanya ke Belanda untuk melakukan uji kemampuan, dan juga David aktif mengikuti berbagai festival musik klasik. David mulai tertarik untuk ngeband saat SMA bersama teman-temanya, kemudian David mencoba mempelejari musik modern sesuai dengan bandnya, tentu  bukan hal sulit karena David sudah memiliki bekal musik klasik.

Kepiawaian David dalam bermain piano membuatnya dilirik oleh band-band besar untuk mengisi session player yang salah satunya adalah band Peterpan. Setelah hengkangnya Andika dari Peterpan tahun 2006 David kerap mengisi posisi keyboardis, hingga akhirnya David resmi menjadi personel Peterpan pada tahun 2008. David juga berpengaruh dalam pembentukan band Noah dan pembuatan lagu-lagu Noah seperti Separuh Aku.

Perjalanan Noah band

Setelah hengkangnya Indra dan Andika sebagai pencetus nama band Peterpan mulailah terjadi kekisruhan dimana ibu Andika tidak terima jika Ariel, Uki, Lukman, dan Reza tetap masih menggunakan nama Peterpan dan memintanya untuk segera mengganti nama band yang telah berhasil melambungkan nama mereka ber 6. Pada tahun 2010 terjadi kasus yang menimpa Ariel yang menyebabkan perubahan nama band tersebut terganggu dan harus menunggu hingga Ariel keluar dari penjara.

Pada 2 Agustus 2012 barulah Ariel dkk mengumumkan nama band pengganti Peterpan yaitu Noah, yang memiliki arti membuat nyaman, memberi ketenangan, dan panjang umur. Bersamaan dengan pengumuman nama band baru Noah meluncurkan single perdananya yang berjudul Separuh Aku untuk para penggemar yang telah lama menantikan band tersebut dan juga dikeluarkan sebuah otobiografi yang berjudul Kisah Lainya.

Sebulan setelahnya Noah merilis abum perdananya yang berjudul Seperti Seharusnya dengan hits single Separuh Aku yang berhasil terjual sebanyak 1 juta kopi dalam waktu 5 bulan. Berkat hal tersebut Noah dianugerahi plakat Multi Platinum dari Musica Studios dan Swara Sangkar Emas. Baru 2 tahun setelah comeback, Noah band kembali mengalami bongkar pasang personil kali ini Reza memutuskan untuk keluar karena ingin memperdalam ilmu agama.

Hengkangnya Reza pada awal tahun 2015 berbarengan dengan rilisnya album kedua Noah yang berjudul Second Chance, dan untuk sementara posisi Reza digantikan oleh Rio Alief. Dalam album terbarunya Noah merilis 3 single terbaru yaitu Hero, Seperti Kemarin, dan Suara Pikiranku dan 9 lagu lainya adalah lagu lama yang diaransemen ulang fakta menarik album ini diproduseri oleh Steve Lillywhite yang merupakan mantan produser U2, The Killers, dan Rolling Stones.

Pada album ketiga Noah mencoba hal baru dengan mengaransemen ulang lagu-lagu terbaik di era 1960 hingga 1990 dengan judul album Sings Legends yang dirilis pada tahun 2016. Lagu yang dibawakan oleh Ariel dkk antara lain Andaikan Kau Datang Kembali, Cinta Bukan Dusta, dan Tinggalah Ku Sendiri. Hasil arensemen ulang Ariel dkk memberikan warna tersendiri bagi lagu tersebut tetep dengan ciri khas band Noah tanpa menghilangkan keaslian lagu tersebut.

Pada 2 Agustus 2019 Noah kembali ditinggal personilnya kali ini adalah Uki yang telah 19 tahun berkarir membangun band tersebut, sebelumnya isu hengkangnya Uki kencang berhembus setelah Uki jarang sekali hadir bersama Noah. Mundurnya Uki berbarengan dengan rilisnya album keempat Noah yang berjudul Keterkaitan Keterikatan pada 14 Agustus 2019 album tersebut terdiri dari 9 lagu baru dari Noah dengan hits single Wanitaku, dan Kupeluk Hatimu.

Seputar Noah Band

Konser 2 Benua 5 Negara

Setelaj merilis album perdananya band Noah langsung menggelar konser, yang menarik konser tersebut hanya berlangsung 1 hari pada 15-16 September 2012 yang bertempat di 2 benua dan 5 negara. Konser pertama berada di Melbourne Australia, kemudian Hongkong, Kuala Lumpur, Singapore, dan terakhir adalah Kota Jakarta. Kesuksesan atas konser tersebut diabadikan ke dalam bentuk buku yang berjudul 6.903 Mil.

Film Dokumenter

Setelah merilis buku 6.903 Mil perjalanan band Noah coba diangkat ke dalam film layar lebar yang berjudul NOAH : Awal Semula yang mengisahkan perjalanan awal band Noah dan saat masa tersulit ketika Ariel harus meninggalkan band tersebut karena skandal, dan cara mereka bangkit untuk bisa kembali ke puncak kejayaan seperti sekarang.

Foto Musicastudios

Categories Seleb

Leave a Comment